Selasa, 04 September 2018 13:59 WITA

Manfaat Mengkonsumsi Buah dan Sayuran Warna Oranye dan Kuning

Editor: Suriawati
Manfaat Mengkonsumsi Buah dan Sayuran Warna Oranye dan Kuning
INT

RAKYATKU.COM - Buah-buahan dan sayuran yang berwarna oranye dan kuning dianggap sangat sehat. Mereka mengandung flavonoid, zeaxanthin, potasium, lycopene, vitamin C dan beta-karoten, yang memberikan manfaat menakjubkan untuk kulit dan mata.

Buah dan sayuran berwarna oranye juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan peradangan, melawan kanker dan penyakit jantung.

Buah berwarna oranye dan kuning termasuk jeruk, lemon, pisang, aprikot, kesemek, mangga, persik, nanas, dan pepaya. Dari sayuran, itu termasuk wortel, jagung, labu, paprika kuning, dan rempah-rempah seperti kunyit dan jahe.

Manfaatnya:

1. Menyehatkan mata
Peneliti di Westmead Institute for Medical Research menemukan bahwa jeruk mengandung vitamin C. Jika memakan satu per hari, itu dapat melindungi Anda dari gangguan mata yang disebut degenerasi makula. Vitamin C berkontribusi pada pembuluh darah yang sehat di mata Anda dan memerangi katarak.

Selain Vitamin C, beta-karoten yang ada dalam labu, pepaya, mangga, dan wortel juga membantu mencegah infeksi mata dan kondisi kesehatan serius lainnya.

2. Mencegah kanker prostat
Sekelompok ilmuwan di Universitas Negeri New Jersey menemukan bahwa kombinasi kunyit dengan fitonutrien dari sayuran seperti kubis dan brokoli mungkin efektif dalam mengobati dan mencegah kanker prostat.

Kandungan vitamin C, lutein dan beta-karoten yang ada dalam ubi jalar, wortel, dan jeruk juga terkait dengan prostat yang sehat.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, buah-buahan yang kaya akan karotenoid seperti mangga dan aprikot juga meningkatkan kesehatan prostat.

3. Menurunkan tekanan darah
Buah-buahan seperti pisang, aprikot, jeruk, nanas dan mangga kaya kalium yang membantu menurunkan tekanan darah.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa buah jeruk yang kaya vitamin C juga dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi.

4. Menurunkan kolesterol jahat
Jahe mengandung gingerol, zat yang membantu mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Sementara itu, jeruk mengandung zat yang disebut pitosterol yang dapat mencegah kolesterol terserap oleh sel-sel di usus.

5. Mencegah nyeri sendi
Buah-buahan seperti pepaya, nanas, jeruk, dan paprika kuning mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah osteoartritis dengan meningkatkan lubrikasi dan mengurangi peradangan pada sendi, dan dengan demikian mengurangi nyeri sendi.

6. Mempromosikan pembentukan kolagen
Tubuh memproduksi kolagen, protein yang ada di kulit, dengan bantuan vitamin C. Fungsi utama kolagen adalah untuk memberikan kekencangan dan elastisitas pada struktur kulit.

Labu kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu produksi kolagen dan menjadikan kulit lembut dan halus. Buah-buahan dan sayuran lain yang membantu dalam produksi kolagen adalah jagung, paprika kuning, pisang, mangga, dan lemon.

7. Mencegah kanker
Paprika kuning, aprikot, persik, jagung, dan aprikot, mengandung antioksidan dan lycopene yang memiliki kemampuan kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.