Selasa, 04 September 2018 10:45 WITA

Waspada! Suka Makan Manis Bikin Rambut Rontok

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Waspada! Suka Makan Manis Bikin Rambut Rontok
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Makanan manis sangatlah enak untuk dikonsumsi, khususnya yang berupa camilan seperti kue atau biskuit. Sayangnya, sudah menjadi rahasia umum jika makanan yang kaya akan kandungan gula ini tidak baik bagi kesehatan.

Tak hanya meningkatkan risiko terkena kenaikan berat badan atau diabetes, pakar kesehatan menyebutkan bahwa sering mengonsumsi makanan manis bisa memicu kerontokan rambut. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Di dalam makanan manis seperti roti atau yang terbuat dari beras rafinasi, terdapat kandungan karbohidrat sederhana yang jika dikonsumsi bisa memicu kenaikan kadar gula darah dengan cepat. Tubuh pun kemudian berusaha untuk memproduksi hormon insulin. Selain itu, tubuh juga memproduksi dihydrotestosterone atau DHT. Yang menjadi masalah adalah, hormon HDT ini bisa menyebabkan folikel rambut mengecil. Jika sampai hal ini terjadi, maka rambut pun menjadi lebih rapuh dan mudah rontok.

Kandungan gula yang sangat tinggi pada makanan manis ternyata juga bisa membuat proses penyerapan protein pada rambut terhambat. Hal ini tentu berperan besar bagi kesehatan dan kekuatan rambut, bukan?

Lantas, apakah berarti kita memang sebaiknya tidak mengonsumsi makanan manis?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa gula masih dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber energi. Hanya saja, pastikan untuk tidak mengonsumsinya dengan jumlah atau frekuensi yang berlebihan. Hal ini berarti, kita masih tetap bisa mengonsumsi roti, kue, biskuit, atau pasta yang kaya akan karbohidrat sederhana.

Hanya saja, bagi penderita diabetes, ada baiknya memang tidak sembarangan dalam mengonsumsinya demi mencegah komplikasi. Dilansirdoktersehat, selalu konsultasikan tentang asupan makanan kepada dokter sehingga tidak akan mengalami lonjakan kadar gula darah yang berbahaya.