Selasa, 04 September 2018 04:04 WITA

Nyeri Haid? Gak Perlu Minum Obat, Gunakan Cara Ini!

Editor: Aswad Syam
Nyeri Haid? Gak Perlu Minum Obat, Gunakan Cara Ini!
Ilustrasi

RAKYATKU.COM – Nyeri adalah salah satu yang dirasakan wanita saat haid. Nyeri itu bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh, namun umumnya yang paling kuat terasa pada bagian perut. 

Memang sedikit menyiksa dan membuat gerak terbatas. Untuk meredakannya, tidak sedikit wanita mengonsumsi obat-obatan anti nyeri. Memang benar, obat itu sangat ampuh dan bisa meredakan nyeri dalam waktu cepat. Tapi tentu saja ada efek samping yang perlu diperhatikan.

Dilansir dari doktersehat, bagaimanapun juga, penggunaan obat secara berlebihan bisa merugikan tubuh. Untuk itu, lebih baik Anda menggunakan cara alami saja, tanpa harus ketergantungan dengan obat. Apa saja cara alami tersebut? Berikut di antaranya.

1. Olahraga Ringan
Saat sedang haid, jangan hanya berdiam diri atau tidur. Sebaiknya Anda melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga. Sebab, olahraga itu nantinya akan meredakan nyeri atau kram pada perut. Namun, lakukanlah olahraga ringan, seperti jalan, bersepeda, dan yoga.

Loading...

2. Konsumsi Teh Hijau
Selanjutnya, Anda bisa mengonsumsi teh hijau saat nyeri itu datang. Sebab, teh hijau kaya akan antioksidan yang bisa membasmi racun di dalam tubuh secara alami. Selain itu, teh hijau juga memiliki senyawa anti nyeri yang bisa meredakan nyeri pada perut ketika haid. Cara ini jauh lebih aman daripada harus kecanduan obat anti nyeri.

3. Cokelat Hitam
Salah satu makanan yang bisa meredakan nyeri haid adalah cokelat hitam. Hal tersebut dikarenakan cokelat hitam bisa meningkatkan kadar serotonin pada tubuh. Akibatnya, rasa nyeri, depresi, lelah, serta nyeri akan berkurang dengan sendirinya. Selain itu, cokelat hitam juga bisa membuat Anda menjadi lebih bahagia.

4. Pisang
Buah yang satu ini tak hanya baik bagi pencernaan dan lambung saja, tapi juga bisa digunakan sebagai pereda nyeri saat haid. Hal ini telah terbukti, sejak dulu pisang dikonsumsi untuk meredakan berbagai macam nyeri, mulai dari nyeri otot dan nyeri persendian. Jadi, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin saat sedang haid.

Loading...
Loading...