Sabtu, 18 Agustus 2018 17:42 WITA

Cara Memanjangkan Kuku dengan Cepat dan Indah

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Cara Memanjangkan Kuku dengan Cepat dan Indah
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Kuku berfungsi sebagai pelindung jari mulai dari melindungi jari dari kotoran hingga melindungi ujung jari yang penuh dengan urat saraf dan juga untuk meningkatkan daya sentuh. Di luar dari fungsiya tersebut, kuku memiliki fungsi lain yaitu memperindah bentuk jari kita, terutama bentuk kuku panjang. 

Kuku terdiri dari protein keras yang biasa disebut dengan keratin. Kandungan air yang sangat sedikit membuat kuku menjadi salah satu bagian tubuh paling keras. Bentuk kuku pada setiap orang berbeda-beda, begitu juga dengan pertumbuhannya.

Pada dasarnya kuku normal akan bertambah panjang paling tidak 3.5 milimeter setiap bulannya. Tapi dikarenakan kondisi tubuh yang berbeda-beda, maka pertumbuhan kuku juga jadi berbeda pada setiap orang. Ada beberapa orang yang merasa membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan kuku panjang.

Mitos Pertumbuhan Kuku

Sebelum mengetahui cara memanjangkan kuku, Anda harus mengetahui terlebih dulu faktor apa yang bisa menghambat dan mempercepat pertumbuhan kuku. Dilansir dari Medical News Today, anggapan bahwa mengecat kuku dapat menghambat pertumbuhan kuku ternyata merupakan mitos. Pada dasarnya jaringan kuku terdiri dari sel yang sudah mati, sehingga pewarnaan pada kuku tidak berpengaruh pada pertumbuhannya.

Selain itu, pendapat bahwa mengaplikasikan vitamin secara langsung pada kuku dapat membantu pertumbuhan kuku ternyata juga tidak benar. Vitamin yang secara langsung diaplikasikan pada kuku hanya akan membuat kuku Anda lebih kuat, tapi tidak lebih panjang.

Cara Memanjangkan Kuku

Cara memanjangkan kuku tidak dapat dilakukan secara instan. Tapi Anda bisa melakukan beberapa usaha untuk membuat kuku lebih sehat sehingga perkembangan kuku pun bisa lebih maksimal dan tidak terhambat. Berikut adalah 5 cara memanjangkan kuku dengan cepat untuk menghasilkan kuku panjang yang sehat dan indah:

1. Jaga kelembapan kulit

Cara memanjangkan kuku yang pertama adalah dengan menjaga kelembapan kulit. Kulit yang kering akan membuat kondisi kuku juga kering dan bisa menghambat pertumbuhan kuku atau bahan memicu pertumbuhan bakteri dan jamur. Jadi, ketika mengaplikasikan body lotion, jangan lewatkan bagain kulit disekitar kuku.

2. Rawat kuku dengan baik

Loading...

Bisa jadi Anda sulit mendapatkan kuku panjang akibat dari kebiasaan Anda merawat kuku yang kurang baik. Maka dari itu, memperbaiki perawatan kuku Anda, bisa menjadi salah satu cara memanjangkan kuku. Berhentilah dari kebiasaan menggigit kuku yang dapat merusak kuku.

Kemudian berntuklah kuku menggunakan kukur secara rutin agar kuku tidak mudah tersangkut dan juga terjaga keindahannya. Anda juga harus berhati-hati ketika melakukan perawatan manikur. Pilihlah salon yang kompeten yang pasti higienis dan juga perawatannya tidak membuat Anda kesakitan.

Dilansir doktersehat, Anda juga tidak boleh membiarkan kuku Anda terlalu lama dalam keadaan basah karena hal tersebut dapa membuat kuku jadi rapuh. Sebaiknya gunakan sarung tangan anti air ketika Anda ingin mencuci atau kegiatan lainnya yang mengharuskan merendam tangan di air dalam waktu yang cukup lama.

3. Merawat kesehatan kuku dengan cara alami

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa mengaplikasikan nutrisi secara langsung tidak bisa membuat kuku Anda memanjang dengan cepat, tapi bisa membuat kuku Anda lebih kuat dan tentunya sehat. Kuku yang sehat juga merupakan kunci dari cara memajangkan kuku dengan maksimal.

Beberapa bahan alami yang baik untuk merawat kuku antara lain adalah lidah buaya, belimbing wuluh, minyak zaitun, jeruk, dan juga bawang putih.

4. Perawatan kuku dari dalam

Anda juga bisa melakukan perawatan kuku dari dalam sebagai salah satu cara memanjangkan kuku dengan maksimal. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan kalsium, protein, dan juga biotin yang sangat baik untuk kuku. Jenis makanan yang baik untuk pertumbuhan kuku antara lain adalah seperti sayuran hijau, pisang, alpukat, telur, ikan salmon, dan masih banyak lagi.

Jika Anda sudah merawat kuku dengan benar, maka kuku panjang yang sehat dan cantic pun akan Anda dapatkan. Tapi perlu diingat juga bahwa ada juga gangguan tubuh tertentu yang bisa mengganggu pertubuhan kuku. Jadi, jika kuku Anda tidak hanya sulit panjang tapi juga mengalami masalah lainnya, segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya.

Tags
Loading...
Loading...