Sabtu, 18 Agustus 2018 17:09 WITA

Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan, Jangan Buang Kulit Buah Ini

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan, Jangan Buang Kulit Buah Ini
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Selain mengonsumsi makanan pokok seperti nasi, sayur, dan ikan, kita juga disarankan untuk rutin mengonsumsi buah-buahan. Hal tersebut dikarenakan buah memiliki nutrisi penting yang baik bagi kesehatan tubuh. Biasanya, buah dikonsumsi setelah makan atau yang sering diistilahkan sebagai cuci mulut.

Ada begitu banyak jenis buah yang bisa kita konsumsi setiap hari. Tentunya semua jenis tersebut memiliki peranan dan fungsi masing-masing. Namun untuk mendapatkan manfaat penuh dari buah tersebut, kita harus mengonsumsinya secara benar. Sebab, makan buah juga ada aturannya yang lebih baik dilakukan agar hasilnya lebih maksimal.

Salah satu aturan makan buah yang paling disepelekan adalah mengonsumsi beserta kulitnya. Mungkin kita sering melakukan hal ini, saat ingin makan buah, kulitnya dikupas atau diiris terlebih dahulu, bukan? Padahal, ada beberapa jenis buah yang justru disarankan untuk dimakan beserta kulitnya loh! Apa saja jenis buah tersebut? Berikut diantaranya.

1. Apel

Jika Anda memiliki kebiasan mengupas kulit apel sebelum memakannya, maka ubahlah kebiasaan itu dari sekarang. Sebab, dalam kulit apel juga terdapat manfaat. Salah satunya adalah bisa menurunkan kolesterol, lemak darah, serta risiko diabetes. Selain itu, banyak pakar yang membenarkan kehebatan dari kulit apel tentang penurunan berat badan.

Loading...

2. Mentimun

Bagi Anda penggemar mentimun, disarankan untuk tidak mengupas kulitnya ketika ingin dikonsumsi. Sebab, pada kulit mentimun terdapat kandungan asam kafeik yang bisa melawan bakteri serta merangsang sel darah putih. Dilansir laman Doktersehat, kulit mentimun juga dipercaya bisa mengatasi masalah pada tenggorokan.

3. Pir

Selanjutnya adalah buah pir. Mungkin Anda sering membuang kulitnya karena bertekstur keras, bukan? Jika benar demikian, maka hentikanlah  kebiasaan itu dari sekarang. Sebab, pada kulit pir ternyata terdapat serat yang tinggi sehingga bisa dimakan langsung. Lebih dari itu, kulit pir juga kaya akan mineral, vitamin C, dan vitamin K.

Loading...
Loading...