Jumat, 17 Agustus 2018 10:06 WITA

Tak Nafsu Makan di Pagi Hari? Coba Konsumsi 4 Makanan Ini

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tak Nafsu Makan di Pagi Hari? Coba Konsumsi 4 Makanan Ini

RAKYATKU.COM - Apakah Anda sering tidak nafsu makan di pagi hari yang menyebabkan Anda enggan untuk sarapan? Tidak nafsu makan di pagi hari memang menjadi salah satu penyebab yang membuat banyak orang menjadi tidak melakukan sarapan, ya.

Padahal, seperti yang kita tahu, sarapan adalah suatu kebiasaan makan yang baik untuk tubuh. Untuk itu, masalah tidak nafsu makan di pagi haruslah segera diatasi.

Nafsu makan memang secara umum dipengaruhi oleh hormon, akan tetapi, pemilihan beberapa jenis makanan yang tepat di pagi hari, bisa jadi cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa tak nafsu makan.

Beberapa kandungan zat, gizi dan rasa yang ada pada bahan makanan tertentu bisa menjadi salah satu hal yang mampu menimbulkan keinginan makan di pagi hari.

Penasaran apa saja pilihan bahan makanan yang bisa dikonsumsi di pagi hari untuk mengurangi rasa tak nafsu makan?

Berikut 4 jenis bahan makanan yang sebaiknya dikonsumsi agar tubuh menjadi lebih nafsu makan:

1. Rempah-rempah

Rempah atau bumbu alami merupkan bahan makanan yang sangat umum digunakan sebagai makanan untuk mengatasi masalah nafsu makan.

Tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa juga bisa memanfaatkan rempah alami sebagi bahan makanan untuk meningkatkan nafsu makan di pagi hari.

Ada berbagai jenis rempah yang bisa meningkatkan nafsu makan, mulai dari temulawak, kunyit hingga jahe.

Selain meningkatkan nafsu makan, penggunaan rempah juga cukup efektif mengurangi rasa mual atau kondisi perut yang kurang nyaman di pagi hari.

Anda bisa memanfaatkannya dengan memanfaatkannya sebagai minuman, misalnya minuman jahe, atau kunyit, memilih camilan dari rempah saat pagi hari, misalnya permen jahe, atau menambahkan serbuk rempah pada minuman pagi atau menu sarapan Anda.

2. Buah yang menyehatkan pencernaan dan kaya rasa

Kandungan berbagai zat dan gizi alami yang ada buah, merupakan bahan yang cukup efektif mengurangi rasa tidak nafsu makan dalam tubuh.

Selain melancarkan pencernaan dan membuat perut merasa lebih nyaman, buah yang kaya rasa juga bisa memberikan sensai segar dan membuat kita jadi lebih ingin makan.

Beberapa jenis buah yang bisa anda pilih antara lain adalah buah beri, misalnya blackberi, blueberi, atau strawberry, pisang, jambu dan manga yang manis.

Hindari memilih jenis buah yang asam seperti jeruk atau kiwi karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan justru membuat tubuh semakin tidak nafsu makan.

3. Sayuran yang meningkatkan nafsu makan

Beberapa jenis sayuran juga memiliki berbagai rasa yang dapat meningkatkan nafsu makan. Tomat, timun, wortel dan lobak merupakan beberapa jenis sayuran yang bisa dipilih di pagi hari jika tidak sedang nafsu makan, mengapa?

Sayuran tersebut di atas, memiliki rasa yang cukup kaya sehingga bisa meningkatkan keinginan tubuh untuk makan. Selain itu kandungan vitamin dan cairan yang cukup tinggi pada sayuran tersebut mampu memenuhi kebutuhan gizi awal hari.

Tambahkan beberapa rempah atau bawang dalam olahan dari sayuran agar nafsu makan bisa semakin meningkat.

4. Sayuran pahit

Siapa sangka, sayuran pahit ternyata juga bisa meningkatkan nafsu makan, lho. Daun singkong atau pepaya ternyata memiliki kandungan zat yang bisa merangsang terbentuknya cairan empedu dalam tubuh. Hal ini kemudian dapat merangsang nafsu makan dalam tubuh.


 

Tags