Jumat, 17 Agustus 2018 01:00 WITA

Ingin Sperma "Kencang", Makanlah Kacang

Editor: Nur Hidayat Said
Ingin Sperma
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sebagai pria, kualitas sperma tentunya menjadi salah satu hal yang sangat penting. Salah satu jenis makanan yang dapat dikonsumsi agar sperma Anda menjadi lebih "kencang" adalah kacang-kacangan.

Kacang-kacangan merupakan kelompok tumbuhan yang sering menjadi komponen dari berbagai hidangan. Selain rasanya yang lezat, bahan makanan yang satu ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, antara lain memelihara kesehatan jantung, membantu penurunan berat badan, dan menjaga kadar kolesterol bila dikonsumsi sesuai batas yang dianjurkan.

Namun, manfaat dari konsumsi kacang tidak terbatas pada hal-hal tersebut saja. Dilansir BBC, mengonsumsi kacang secara rutin dapat membantu meningkatkan kualitas dari sperma.

Kacang untuk sperma yang sehat
Seperti dikutip BBC, sebuah penelitian membandingkan kualitas sperma dari dua kelompok pria. Kelompok pertama menambahkan 60 gram kacang-kacangan setiap hari dalam dietnya, sedangkan kelompok kedua tidak mengubah pola makan mereka sama sekali.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan kelompok pria yang mengonsumsi kacang-kacangan  memiliki peningkatan jumlah, bentuk, motilitas, dan kualitas dari sel sperma. Jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas sperma terdiri atas campuran kacang almon, hazelnut, dan kacang kenari.

Para pakar juga menambahkan bahwa hasil dari penelitian ini mendukung beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, yang mengemukakan bahwa pola makan yang kaya asam lemak omega-3, antioksidan, dan asam folat dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Sebagian besar kacang-kacangan mengandung zat-zat tersebut, serta berbagai jenis nutrisi lainnya.

Dr. Albert Salas-Huetos dari Universitas Rovira I Virgili di Spanyol, yang juga merupakan peneliti utama dari uji klinis tersebut, menyampaikan bahwa perubahan gaya hidup, seperti menjalani pola makan yang sehat, dapat berpengaruh pada terjadinya pembuahan.

Namun, pola makan sehat juga bukan satu-satunya faktor. Para pria yang mengonsumsi kacang-kacangan dalam penelitian tersebut juga melakukan hal-hal lain dalam keseharian mereka yang dapat memengaruhi status kesuburan. Karena itu, tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendukung temuan tersebut. 

Harus menerapkan pola hidup sehat lainnya
Dr. Virginia Bolton, konsultan embriologi klinis dari Guy’s Hospital di London, tetap mengingatkan bahwa sampai semua pertanyaan dapat terjawab, setiap pria tetap disarankan untuk menerapkan semua hal yang diketahui baik bagi kesuburan. Seperti membatasi konsumsi alkohol, berhenti merokok, menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa terdapat penurunan kualitas sperma pada pria di berbagai penjuru dunia, dan sekitar 50 persen kasus infertilitas yang terjadi berhubungan dengan faktor dari pasangan pria. Beberapa faktor yang dikaitkan dengan penurunan kualitas sel sperma adalah polusi, kebiasaan merokok, pola makan yang tidak sehat, dan rendahnya aktivitas fisik.

Konsumsi kacang-kacangan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, apabila dikonsumsi sesuai rekomendasi hariannya. Di antara sederet dampak positif tersebut, peningkatan kualitas sel sperma dan kesuburan pada pria dipercaya merupakan salah satunya.

Maka dari itu, selain menghindari merokok, membatasi asupan alkohol, dan berolahraga secara rutin, menambahkan kacang-kacangan pada menu makanan sehari-hari dapat Anda terapkan untuk membantu meningkatkan kualitas sperma.

Sumber: KlikDokter