Kamis, 16 Agustus 2018 07:30 WITA

5 Jenis Sarapan yang Bikin Cepat Gemuk

Editor: Abu Asyraf
5 Jenis Sarapan yang Bikin Cepat Gemuk
Tidak dianjurkan sarapan pagi dengan kue-kue kering yang terlalu manis.

RAKYATKU.COM - Setiap orang disarankan untuk sarapan setiap pagi. Terutama dengan menggunakan makanan yang sehat dan menutrisi tubuh. Namun, ada beberapa di antaranya yang bisa berdampak negatif.

Dikutip dari Boldsky.com, salah memilih menu makanan untuk sarapan bisa fatal akibatnya. Ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi saat sarapan justru meningkatkan risiko kegemukan atau obesitas. 

Berikut beberapa makanan dan minuman yang bisa menyebabkan cepat gemuk:

1. Minum Kopi

Suka minum kopi di pagi hari dan tidak konsumsi makanan lainnya? Jika iya, usahakan untuk menghentikan kebiasaan ini. Nutrisi yang terkandung di dalam kopi bisa memperlambat sistem metabolisme dan mempercepat risiko kegemukan.

2. Kue Kering

Beberapa orang memiliki kebiasaan konsumsi kue kering atau cookies sebagai menu sarapan. Memang, kue kering merupakan salah satu makanan ringan. Tapi jangan salah, kue kering mengandung gula dan tepung yang bisa membuat berat badanmu bertambah dengan cepat. Jika ingin mendapatkan tubuh yang senantiasa langsing dan bugar, hindari sarapan menggunakan kue kering.

3. Roti

Hampir sama dengan kue kering, roti ternyata juga merupakan menu sarapan yang perlu dihindari jika kamu ingin memiliki tubuh langsing. Umumnya, roti memiliki kandungan kalori dan gluten yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kegemukan. Tak hanya itu, sarapan menggunakan roti tidak jarang akan meningkatkan risiko masalah pencernaan.

4. Sereal

Sereal memang memiliki rasa yang enak dan menggugah selera. Namun perlu diketahui bahwa sereal adalah makanan yang mengandung bahan pemanis buatan dan sejenisnya yang bisa membuat tubuh mudah gemuk. Kalori dalam sereal yang cukup tinggi juga akan memudahkan tubuh mengalami kenaikan berat badan.

5. Nasi

Menu sarapan selanjutnya yang bisa bikin gemuk adalah nasi. Kandungan karbohidrat dan glukosa yang cukup tinggi di dalam nasi dipercaya bisa menyebabkan kegemukan atau naiknya berat badan jika dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan terutama saat pagi hari.