Rabu, 15 Agustus 2018 09:42 WITA

Berapa Lama ASI Perah Bisa Bertahan, dan Cara Menyiapkannya

Editor: Suriawati
Berapa Lama ASI Perah Bisa Bertahan, dan Cara Menyiapkannya
INT

RAKYATKU.COM - Menyusui adalah cara terbaik untuk memberi makan pada bayi. Tapi, bagaimana jika bekerja, dan harus meninggalkan bayi Anda untuk waktu yang lama.

Solusi terbaiknya adalah dengan memompa atau memerah ASI. Itu dapat disimpan dalam botol susu yang terbuat dari kaca atau plastik. Anda juga bisa menggunakan kantong plastik khusus untuk menyimpan susu.

Kabar baiknya, ASI tidak cepat basi, dan bisa bertahan untuk waktu yang lama. Jika disimpan pada suhu kamar, ASI akan tetap segar selama enam hingga delapan jam.

Namun, yang terbaik adalah segera menyimpannya di lemari pendingin. Jika disimpan di bagian utama kulkas, ASI bisa bertahan hingga lima hari.

Pilihan lain adalah membekukannya, dengan menyimpannya di freezer. Dalam kasus ini, ASI dapat bertahan sampai dua minggu. Jika freezer Anda dilengkapi dengan pintu terpisah, ASI bisa disimpan di sana hingga tiga bulan. Untuk freezer yang memiliki suhu -4 derajat Fahrenheit, itu bisa menyimpan ASI selama enam bulan.

Cara memberikan ASI yang telah didinginkan kepada bayi.
1. Untuk ASI beku, Anda harus memindahkannya terlebihdahulu dari freezer ke bagian utama kulkas selama beberapa jam. Selanjtnya, keluarkan dari kulkas dan letakkan dalam semangkuk air hangat. Jangan gunakan microwave atau di dalam panci berisi air mendidih di atas kompor.

Loading...

2. Setelah ASI dicairkan, Anda bisa menghangatkannya dengan meletakkannya ke dalam mangkuk berisi air hangat selama beberapa menit. Pilihan lainnya adalah menahannya di bawah air mengalir hangat selama beberapa saat.

3. Sebelum memberikan ASI kepada sii kecil, kocok wadah secara perlahan.

4. Penting untuk selalu memeriksa suhu ASI sebelum memberikannya pada anak Anda. Ini bisa dilakukan dengan menyemprotkan beberapa tetes ke bagian dalam pergelangan tangan Anda.

Suhu terbaik untuk ASI adalah 37 derajat celcius, itu seperti seperti air hangat, dan tidak panas.

Loading...
Loading...