Senin, 13 Agustus 2018 13:20 WITA

5 Manfaat Mengesankan Susu Soya yang Perlu Anda Tahu

Editor: Suriawati
5 Manfaat Mengesankan Susu Soya yang Perlu Anda Tahu
INT

RAKYATKU.COM - Susu kedelai adalah minuman yang diekstrak dari kedelai. Konon, penggunaannya telah dimulai di Cina pada tahun 82 Masehi. Sekarang, ini semakin populer karena kemampuannya untuk digunakan sebagai pengganti susu sapi.

Ini adalah sumber protein yang baik bagi mereka yang tidak toleran laktosa. Ini bahkan telah tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti coklat dan vanila. Di negara-negara seperti China dan India, beberapa orang juga minum susu kedelai asin.

Susu kedelai adalah sumber energi, protein, gula, serat, dan lemak yang baik. Ini juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng.

Berbagai vitamin seperti folat, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K juga ditemukan dalam susu kedelai. Semua nutrisi ini membantu dalam menjaga kesehatan yang baik. 

Manfaat kesehatan dari susu kedelai adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Susu soya mengandung asam amino dan isoflavon yang membantu menurunkan kolesterol jahat. Asupan susu kedelai juga dikaitkan dengan tekanan darah normal, sehingga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

2. Meredakan masalah pasca menopause
Susu kedelai memberikan bantuan terhadap banyak masalah kesehatan pasca menopause. Asupan susu kedelai oleh wanita pasca menopause dapat membantu mencegah penyakit yang mungkin terjadi karena hilangnya hormon estrogen alami.

3. Mencegah osteoporosis
Osteoporosis adalah risiko bagi wanita di usia pasca-menopause. Kehilangan kalsium berkontribusi terhadap penyakit ini. Karena susu kedelai juga diperkaya dengan kalsium, maka ini dapat membantu dalam mempertahankan kekuatan tulang.

4. Mencegah kanker
Menurut sebuah penelitian, asupan susu kedelai dapat mengurangi tingkat estrogen dan mengurangi risiko kanker payudara. Hasil penelitian itu juga menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi banyak susu kedelai memiliki resiko terkena kanker prostat yang lebih rendah.

5. Bertindak sebagai antioksidan
Susu kedelai memiliki sifat antioksidan dan hepatoprotektif, yang membantu mengurangi stres oksidatif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa itu mungkin bermanfaat dalam mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Selanjutnya, temuan penelitian lain menunjukkan bahwa sifat antioksidan dari susu kedelai dapat membantu meningkatkan kapasitas antioksidan dan mengurangi gejala menopause pada wanita.