Senin, 13 Agustus 2018 09:27 WITA

Penyakit Mata Terkait Dengan Penyakit Alzheimer

Editor: Suriawati
Penyakit Mata Terkait Dengan Penyakit Alzheimer
INT

RAKYATKU.COM - Sekelompok peneliti dari University of Washington School of Medicine telah menemukan hubungan antara tiga penyakit mata degeneratif dan penyakit Alzheimer.

Penelitian ini melibatkan 3.877 pasien berusia 65 tahun ke atas, yang dipilih secara acak. Mereka dilacak selama lima tahun. selama itu, 792 pasein didiagnosis dengan penyakit Alzheimer.

Pasien yang mengalami degenerasi makula terkait usia, retinopati diabetik atau glaukoma memiliki risiko 40 hingga 50 persen lebih besar menghadapi penyakit Alzheimer, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kondisi mata.

Peneliti mengatakan bahwa temuan mereka dapat mengarah pada cara-cara baru untuk mengidentifikasi orang-orang yang berisiko tinggi untuk Alzheimer.

"Pesan utama dari penelitian ini adalah bahwa dokter mata harus lebih sadar tentang risiko pengembangan demensia bagi orang-orang dengan kondisi mata," kata pemimpin peneliti Cecilia Lee. Dia adalah asisten profesor oftalmologi di University of Washington School of Medicine.

"Penelitian ini menegaskan bahwa ada hal-hal mekanistik yang dapat kita pelajari dari otak dengan melihat mata," kata peneliti lain, Paul Crane.

Studi ini diterbitkan 8 Agustus di Alzheimer & Demensia: The Journal of Alzheimer's Association .

Alzheimer adalah bentuk paling umum dari demensia, yang mempengaruhi lebih dari 46 juta orang di seluruh dunia. Angka itu diperkirakan akan meningkat menjadi 131,5 juta pada 2050.