Senin, 13 Agustus 2018 03:00 WITA

Ini Manfaat Orgasme Bagi Kesehatan Wanita

Penulis: Wahyu Susanto S
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Manfaat Orgasme Bagi Kesehatan Wanita

RAKYATKU.COM - Dalam melakukan hubungan seksual setiap pasangan pastilah ingin mancapai orgasme. Selain bermanfaat bagi psikis, ternyata orgasme bagi wanita juga memberi manfaat untuk tubuh. Titik puncak kenikmatan saat berhubungan seksual itu mampu memengaruhi daya rangsang otak terhadap tubuh.

Saat orgasme, tubuh akan melepaskan sejumlah hormon yang bermanfaat untuk Anda. Hormon-hormon inilah yang berguna mulai dari mengatasi rasa sakit hingga bisa membuat Anda semakin cantik. Apa saja sebenarnya manfaat orgasme? Ini daftarnya:

1. Mengatasi rasa sakit

Manfaat orgasme bagi wanita saat bercinta, menurut sebuah penelitian dari Amerika ternyata dapat menyembuhkan sakit kepala. Dalam penelitian yang dilakukan di Oklahoma, Amerika Serikat pada 1998 itu melibatkan 84 wanita. 

Hasil penelitian tersebut, 2/3 wanita tetap menikmati kegiatan seksual walaupun sedang migrain. 61% wanita mengaku seks membuat rasa sakit lebih mudah diatasi dan 20% responden mengatakan bahwa sakit kepala benar-benar hilang saat bercinta.

2. Meredakan emosi jelang PMS

Aktivitas bercinta bisa menstimulasi produksi hormon oksitosin dan endorphins yang bisa menurunkan sensasi rasa sakit saat PMS. Oksitosin tersebut dapat menyembuhkan sakit kepala, kram, susah tidur bahkan stres. Ketika Anda orgasme pun, akan keluar hormon dehydroepiandrosterone atau DHEA yang bisa bertindak sebagai obat antidepresi. 

“Keuntungan dari bercinta ini secara seksual wanita bisa merasa rileks dan nyaman,” ujar Dr. Jennie Campbell Leslie, asisten profesor di Oregon Health and Science University, Portland, Amerika Serikat, dilansir Doktersehat.

3. Mencegah serangan jantung

Manfaat klimaks bagi wanita bisa menyehatkan jantung. Studi di Israel mengungkapkan bahwa wanita yang bisa mendapatkan orgasme dua kali dalam seminggu risiko terkena serangan jantungnya lebih rendah. 

“Wanita-wanita ini bisa jadi mengalami depresi, yang biasanya berhubungan dengan naiknya risiko terkena serangan jantung. Saat bercinta, hormon endorphin yang keluar menetralkan hormon stres di tubuh,” jelas Dr Lisa Turner, seorang therapist seks.

4. Menyembuhkan depresi

Hormon DHEA (Dehydroepiandrosterone) akan meningkat setiap kali orgasme wanita. Hormon DHEA adalah hormon yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta menjaga kulit tetap sehat dan bahkan bisa bekerja sebagai antidepresi alami bagi Anda.

5. Membakar lemak

Bercinta merupakan aktivitas olahraga yang menyenangkan. Manfaat orgasme pada wanita bisa mengencangkan semua otot di tubuh. Berbagai aktivitas ‘seksual’ yang bisa membakar lemak di antaranya, berciuman (68 kalori per jam), saling melepaskan pakaian (8 kalori), dan bercumbu (238 kalori per 1/2 jam).

6. Membuat wanita lebih cantik

Saat bercinta, wanita akan memproduksi hormon estrogen dalam jumlah yang cukup banyak. Hormon ini bisa membuat kulit wanita jadi lebih halus dan bersinar. Manfaat orgasme pada wanita bisa meningkatkan produksi hormon pheromone, zat pemikat alami untuk menarik perhatian pria. Hormon tersebut membuat wanita tampak cantik dan menarik.

7. Kulit sehat

Menurut Sekslog, Dr. Gloria G. Bramer, seks dapat membuat kulit lebih merona. Berhubungan seks apalagi jika orgasme wanita tercapai, yang bisa memperlancar sirkulasi darah dan memompa oksigen ke seluruh tubuh sehingga membuat kulit lebih cerah. Seks juga membantu menghilangkan racun dan membuat bibir Anda sedikit lebih tebal sehingga terlihat lebih seksi. Hormon yang dilepaskan pada saat bercinta juga membuat kuku Anda menjadi cerah. Hal ini terjadi terutama pada wanita hamil.

Tidak hanya untuk mencerahkan kulit saja, seks juga dapat mengontrol pertumbuhan jerawat. Hormon yang berkurang setelah Anda bercinta dapat membuat jerawat tak mudah datang. Hasilnya kulit yang lebih bersih dan rambut yang lebih sehat akan Anda dapatkan.

8. Menurunkan risiko kanker payudara

Orgasme wanita memiliki efek positif pada berbagai organ dan sistem tubuh. Penelitian menunjukkan, bahwa ketika aktivitas seksual meningkat, risiko kanker payudara menurun. 

“Ini disebabkan oleh hormon oksitosin (hormon cinta) yang datang ketika mengalami gairah dan orgasme,” jelas Beverly Whipple, PhD, penulis buku The Orgasm Answer Guide.

9. Mencegah serangan jantung dan pertajam pikiran

Ada bukti ilmiah bahwa manfaat orgasme pada wanita dapat menjaga fungsi otak. “Scan fMRI menunjukkan, bahwa otak perempuan lebih baik dalam memanfaatkan oksigen selama orgasme daripada biasanya seperti efek dari latihan. Dengan kata lain, otak yang sedang makan membantu menjaga pikiran tajam,” kata Barry Komisaruk, PhD, penulis buku The Science of Orgasme.

Tags