Senin, 13 Agustus 2018 08:00 WITA

Bukan Kopi, Minuman Ini Ternyata Lebih Baik untuk Sarapan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bukan Kopi, Minuman Ini Ternyata Lebih Baik untuk Sarapan

RAKYATKU.COM - Tak hanya mengonsumsi sarapan yang sehat dan bergizi, ada baiknya kita juga memperhatikan apa yang kita minum saat di pagi hari karena bisa memengaruhi energi dan semangat seharian.

Biasanya, demi menghilangkan rasa kantuk, kebanyakan orang akan memilih untuk minum kopi sebagai teman sarapan. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada minuman lain yang jauh lebih sehat untuk dikonsumsi di pagi hari.

Meskipun dikenal luas sebagai minuman sehat, dalam realitanya kita sering mengonsumsi kopi dengan cara yang tidak benar. Sebagai contoh, kita masih menambahkan bahan lain seperti gula atau krim pada kopi.

Meskipun bisa membuat rasa kopi menjadi lebih nikmat, hal ini mampu meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan kita pun akan lebih rentan mengalami kenaikan berat badan atau diabetes.

Lantas, minuman apa yang lebih cocok untuk dikonsumsi di pagi hari? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi teh hitam yang tak kalah nikmatnya dengan kopi. Memang, kandungan kafein di dalam teh hitam tidak sebanyak kopi, namun, hal ini sudah cukup untuk menghilangkan kantuk dan menambah energi. Selain itu, teh hitam juga sangat baik dalam membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di California University dan dipublikasikan hasilnya dalam European Journal of Nutrition, dihasilkan fakta bahwa kandungan polifenol di dalam teh hitam mampu meningkatkan produksi asam lemak dan bakteri baik di dalam usus yang akhirnya meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, penelitian lain di Tiongkok juga menghasilkan fakta bahwa rutin minum teh hitam setiap hari bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Di dalam teh hitam terdapat kandungan yang bisa mempertahankan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Karena alasan inilah minuman ini bisa membuat kesehatan jantung dan pembuluh darah membaik.

Hanya saja, berikan jeda antara waktu minum teh hitam dengan sarapan pagi demi mendapatkan manfaat kesehatannya dengan maksimal.