Sabtu, 11 Agustus 2018 18:39 WITA

9 Tanda Penyakit Wanita yang Tidak Boleh Diabaikan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
9 Tanda Penyakit Wanita yang Tidak Boleh Diabaikan

RAKYATKU.COM - Perubahan pada tubuh wanita terkadang menunjukkan sakit atau gangguan tubuh yang cukup berbahaya. Oleh karena itu wanita disarankan untuk lebih mengetahui tanda-tanda pada tubuhnya dan lebih mengawasi hal-hal yang terlihat tidak normal dan butuh pemeriksaan dari dokter.

Kalau Anda tidak mau mengalami gangguan pada tubuh akibat tidak memperhatikan kondisi atau perubahannya, simak beberapa poin di bawah ini. Anda akan tahu tanda-tanda apa saja yang patut diwaspadai.

1. Payudara berubah warna

Payudara pada wanita memang sering sekali mengalami perubahan baik warna atau ukuran. Saat menstruasi atau hamil kadang payudara sakit meski hanya sementara saja. Setelah itu payudara sembuh. Kalau payudara Anda berubah warna seperti keunguan dan tidak normal, bisa jadi itu tanda kanker payudara.

2. Perut kembung dan mengeras

Perut yang kembung setelah makan pedas atau terlalu banyak makan mungkin wajar esoknya akan membaik atau setelah buang air besar akan sedikit lega. Kalau Anda tidak sedang makan pedas atau berlebihan, tapi perut terasa tidak nyaman diikuti dengan perdarahan saat kencing, bisa jadi tanda kanker ovarium.

3. Feses berdarah atau hitam

Feses yang keluar dengan darah dan kadang berwarna hitam wajib diwaspadai. Kalau sebelumnya Anda tidak makan aneh-aneh seperti kue berbahan arang bisa jadi kondisi seperti hemoroid atau wasir terjadi. Selanjutnya kanker di saluran cerna juga cukup besar kemungkinannya.

4. Napas putus-putus

Napas yang sering putus-putus bisa disebabkan oleh banyak masalah dan salah satunya adalah gangguan jantung dan paru-paru. Kalau Anda merasa tidak nyaman dan sering lemas tanpa sebab, segera periksakan diri agar gangguan bisa segera diatasi dengan mudah.

5. Sering capai

Sering capai berlebihan padahal sedang tidak melakukan apa-apa bisa jadi merupakan tanda dari banyak gangguan tubuh seperti depresi, anemia, gagal liver, kanker, diabetes, gangguan tidur, gagal ginjal, dan masalah yang erat hubungannya dengan penyakit jantung.

Kalau Anda sering capai meski tidak sedang melakukan olahraga berat, coba segera cek laboratorium atau memeriksakan diri ke dokter. Sering capai bisa terkait dengan banyak sekali penyakit, jadi waspada di awal akan sangat membantu.

6. Penurunan berat badan yang tidak normal

Penurunan berat badan bisa terjadi saat wanita mengalami diet atau sakit tertentu. Kalau penurunan berat badan mendadak terjadi dengan cepat dan tidak bisa dikendalikan sebaiknya wanita waspada, pasalnya mereka bisa mengalami gangguan seperti HIV yang berbahaya. Selain itu kanker dan diabetes juga bisa memicu kondisi ini.

7. Rambut di wajah dan dada

Munculnya rambut di wajah dan dada bukanlah hal yang bisa dibiarkan begitu saja. Kondisi ini erat hubungannya dengan PCOS yang berbahaya. Wanita dengan kondisi PCOS ini akan sulit mendapatkan keturunan. Ovarium akan mengalami abnormalitas akibat kadar testosteron yang meningkat.

8. Sakit perut yang parah

Sakit perut yang parah khususnya yang terjadi menjelang atau saat menstruasi bisa disebabkan oleh kondisi bernama endometriosis. Kondisi ini menyebabkan rahim wanita mengalami gangguan sehingga masalah kesuburan sering sekali terjadi.

9. Perdarahan vagina pasca menopause

Setelah mengalami menopause, wanita tidak akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Kalau dari vagina muncul darah dan tidak normal, bisa jadi kondisi ini disebabkan oleh endometriosis, mioma yang berada di rahim, dan kanker di area serviks.