Sabtu, 11 Agustus 2018 12:01 WITA

Cahaya Biru dari Smartphone Bisa Membuat Anda Buta

Editor: Suriawati
Cahaya Biru dari Smartphone Bisa Membuat Anda Buta
Getty Images

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian terbaru menemukan bukti mengejutkan bahwa cahaya biru dari smartphone, laptop dan perangkat digital lainnya dapat merusak penglihatan dan mempercepat kebutaan.

Menurut peneliti dari Universitas Toledo di AS, paparan sinar biru yang berkepanjangan bisa memicu molekul beracun dalam sel-sel peka cahaya mata. Itu bisa menyebabkan degenerasi makula, suatu kondisi yang tidak dapat disembuhkan yang mempengaruhi bagian tengah penglihatan.

“Kita terpapar cahaya biru secara terus menerus, dan kornea mata dan lensa tidak dapat memblokir atau memantulkannya," kata Dr Ajith Karunarathne, asisten profesor di Departemen Kimia dan Biokimia Universitas Toledo. 

"Bukan rahasia bahwa cahaya biru merusak penglihatan kita dengan merusak retina mata. Eksperimen kami menjelaskan bagaimana ini terjadi, dan kami berharap ini mengarah pada terapi yang memperlambat degenerasi makula."

Peneliti menjelaskan bahwa paparan cahaya biru menyebabkan retina mengatur reaksi yang mengarah ke molekul kimia beracun yang dibuat dalam sel-sel fotoreseptor.

“Jika Anda menyinari cahaya biru pada retina, retina membunuh sel-sel fotoreseptor... Sel fotoreseptor tidak beregenerasi di mata. Ketika mereka mati, mereka mati untuk selamanya," kata Kasun Ratnayake, seorang mahasiswa PhD di Universitas Toledo yang terlibat dalam penelitian ini.

"Keracunan yang dihasilkan retina oleh cahaya biru bersifat universal. Itu bisa membunuh semua tipe sel," tambah Dr .....

Lebih lanjut, peneliti menemukan bahwa molekul yang disebut alpha tocopherol, antioksidan alami yang ditemukan di mata dan tubuh, menghentikan sel-sel mati, tapi gagal menawarkan perlindungan terhadap sel yang menua atau yang sistem kekebalannya telah terganggu.

"Saat itulah kerusakan nyata terjadi," kata Dr Karunarathne.

Bagi mereka yang ingin melindungi mata mereka dari cahaya biru, Dr Karunarathne menyarankan memakai kacamata hitam yang dapat menyaring UV dan cahaya biru di luar ruangan dan menghindari menggunakan ponsel atau tablet dalam gelap.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports.

Degenerasi makula adalah kondisi umum di antara orang-orang yang berusia 50-an dan 60-an yang menyebabkan kehilangan penglihatan yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh kematian fotoreseptor, yaitu sel-sel peka cahaya di retina.