Sabtu, 11 Agustus 2018 10:15 WITA

Risih Dengan Suara Mengunyah? Anda Mengalami Kondisi ini

Editor: Suriawati
Risih Dengan Suara Mengunyah? Anda Mengalami Kondisi ini
INT

RAKYATKU.COM - Apakah Anda kerap merasa jengkel jika mendengar seseorang mengunyah makanan? Jika iya, Anda tampaknya mengalami kondisi neurologis yang disebut misophonia.

Kondisi itu didefinisikan sebagai kepekaan yang parah terhadap suara seperti mengunyah, batuk, menguap, dan banyak lagi.

Beberapa orang memiliki kasus misophonia yang lebih ekstrem daripada yang lain, dan sangat terganggu oleh suara-suara apapun, sehingga membutuhkan terapi perilaku kognitif.

Namun, meskipun secara resmi disebut sebagai suatu kondisi medis pada tahun 2001, masih banyak orang yang mempertanyakan apakah misophonia adalah kondisi nyata.

Tapi tahun lalu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology menunjukkan bahwa mereka yang mengalami gangguan ini memiliki perbedaan di lobus frontal otak mereka. Itu menyebabkan reaksi keras terhadap suara, dan bahkan dapat menyebabkan detak jantung kencang dan berkeringat lebih cepat.

Pada bulan Februari, studi lain menemukan bahwa memiliki misophonia dapat memengaruhi kemampuan orang untuk belajar.

Menurut penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Applied Cognitive Psycology, suara yang halus seperti mengunyah permen karet cukup untuk mempengaruhi kinerja akademis.

"Beberapa orang sangat sensitif  terhadap suara latar belakang yang relatif halus seperti mengunyah, dan kepekaan ini dapat mengganggu cukup banyak (orang) untuk merusak pembelajaran," tulis rekan penulis studi, Logan Fiorella dari University of Georgia.