Jumat, 10 Agustus 2018 11:47 WITA

Cara Mudah Menahan Lapar Saat Diet

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Cara Mudah Menahan Lapar Saat Diet

RAKYATKU.COM - Hal utama yang akan dirasakan ketika diet adalah rasa lapar. Sebab, diet sendiri merupakan sebuah metode menurunkan berat badan yang dilakukan dengan cara membatasi jumlah makanan. Jadi, sangat wajar seseorang yang melakukan diet akan mengalami rasa lapar yang kadang tak tertahankan.

Hal itu pula yang kerap menjadi problem besar saat diet. Sebab, rasa lapar memang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karenanya tidak sedikit orang yang gagal melakukan diet hanya karena tidak bisa menahan rasa lapar tersebut.

Nah, bagi Anda yang sedang menjalankan diet, tentunya harus mengetahui bagaimana tips menahan lapar agar diet menjadi lancar. Apa saja tips tersebut? Berikut diantaranya.

1. Atur Jadwal Makan

Hal utama yang perlu diperhatikan ketika diet adalah mengatur jadwal makan. Ketika Anda memutuskan untuk makan dua atau tiga kali sehari, maka usahakan untuk konsisten pada waktu itu dan jangan sekali-kali melewatkannya. Sebab, melewatkan satu jadwal saja bisa membuat Anda menjadi sangat lapar ketika menunggu waktu makan selanjutnya.

2. Makan dengan Perlahan

Ini penting dan jarang diperhatikan oleh kebanyakan orang. Perlu diketahui, makan dengan perlahan dan mengunyah makanan sampai halus adalah cara tepat ketika diet. Sebab, makanan yang halus akan diproses lebih baik pada perut sehingga membuat Anda menjadi lebih kenyang dalam waktu lama.

3. Kurangi Gula dan Garam

Seperti yang Anda ketahui, gula dan garam bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah lapar. Walau sifatnya sebagai penyedap rasa, tapi usahakan untuk menghindari kedua bahan ini agar Anda tak mudah lapar sehingga diet berjalan lancar.

4. Perbanyak Air Mineral

Selanjutnya, jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air mineral. Hal ini baik sebagai penjaga kebugaran tubuh ketika perut sedang kosong. Selain itu, air mineral juga penting agar Anda terhindar dari dehidrasi akibat aktivitas sehari-hari.

5. Melakukan Aktivitas

Tubuh akan sering lapar ketika Anda tidak melakukan kegiatan apapun, alias berdiam diri di dalam rumah. Jadi, saat diet alangkah baiknya Anda mengisi hari-hari Anda dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, misalnya membaca buku, menulis, berkebun, ataupun berolahraga agar rasa lapar tidak mudah datang.

Tags