Jumat, 10 Agustus 2018 09:13 WITA

Bagi Lansia, 5 Kebiasaan Ini Bikin Anda Selalu Sehat

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bagi Lansia, 5 Kebiasaan Ini Bikin Anda Selalu Sehat

RAKYATKU.COM - Ketika Anda memasuki tahap lanjut usia (lansia), sejumlah perubahan pasti akan terasa dalam tubuh. Hal tersebut meliputi daya gerak, berpikir dan lainnya. Daya ketahanan tubuh yang menurun juga membuat lansia rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Menurut dr. Ellen Theodora dilansir KlikDokter, menjadi lansia bukan berarti harus berdiam di rumah terus dan malas bergerak. Lansia juga harus menjaga kesehatannya agar bisa tetap fit menjalani aktivitas sehari-hari.

“Lansia merupakan golongan usia yang tetap wajib melakukan aktivitas fisik. Ini karena usia yang makin bertambah, membuat fungsi organ tubuh makin menurun. Karenanya, hidup yang terlalu santai membuat risiko penyakit kian meningkat,” kata dr. Ellen.

Apa saja kebiasaan yang bikin lansia makin sehat? Dilansir Real Simple, Anda dapat menerapkan lima hal berikut ini agar selalu bugar:

1. Berpikir positif

You are what you think, demikian kata pepatah. Berdasarkan penelitian yang dirangkum dalam The Journal of American Medical Association, lansia yang berpikir masa tua sebagai sarana untuk menunjukkan kebijaksanaan, 40 persen lebih sehat dibanding lansia yang melihat penuaan sebagai sebuah kelemahan dan ketidakberdayaan hidup.

2. Perhatikan pola makan

Nutrisi memainkan peran utama untuk kesehatan Anda. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet buah-buahan, sayuran segar, biji-bijian, dan protein tanpa lemak adalah pola makan yang sehat dan dapat menunjang masa tua. Sebaliknya, makanan yang mengandung gula, karbohidrat, dan berlemak dapat mempercepat proses penuaan.

Selain jenis makanannya, Anda juga harus memperhatikan porsi. Makan berlebihan dapat menyebabkan rentang hidup yang lebih pendek, penyakit kardiovaskular, dan diabetes tipe 2. Makan dan minum secara cukup adalah cara yang tepat untuk panjang umur.

3. Rajin olahraga

Tetaplah aktif meskipun usia sudah menua. Wanita rata-rata kehilangan 23 persen dari massa ototnya antara usia 30 dan 70, menurut Fabio Comana, seorang instruktur di National Academy of Sports Medicine. “Anda kehilangan otot lebih cepat seiring pertambahan usia. Namun, olahraga dapat meningkatkan massa dan kekuatan, bahkan hingga usia menginjak 90-an,” katanya.

Selain untuk kekuatan otot, olahraga juga dapat mengurangi risiko kehilangan memori yang berkaitan dengan usia. Menurut studi, menjaga intensitas fisik dapat menurunkan statistik kasus Alzheimer sebesar 25 persen karena ia dapat memperkuat hippocampus, wilayah otak yang terkait dengan pembelajaran.

4. Tetap bersosialisasi

Teman dan kerabat dapat membantu Anda hidup lebih lama. Mereka yang ikatan sosialnya kuat, terbukti memiliki peluang 50 persen lebih tinggi untuk panjang umur daripada mereka yang hubungan sosialnya buruk. Hal ini dibeberkan oleh penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS Medicine.

5. Cukup tidur

Menurut National Sleep Foundation, Anda harus tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam. Perlu diketahui bahwa tidak cukup tidur dapat meningkatkan risiko kegemukan, penyakit jantung, dan diabetes yang lebih tinggi.

Selama tidur, tubuh Anda melepaskan hormon pertumbuhan yang membantu mengembalikan kolagen dan elastin, elemen penting untuk menciptakan kulit yang lebih muda dan sehat.