Kamis, 09 Agustus 2018 19:09 WITA

Tahukah Anda, Kelopak Mata Bisa Terserang Kanker Kulit?

Editor: Suriawati
Tahukah Anda, Kelopak Mata Bisa Terserang Kanker Kulit?
INT

RAKYATKU.COM - Kanker kulit sedang meningkat, terutama di kalangan wanita. Untuk menghindari hal itu, orang-orang memakai tabir surya, hampir di seluruh bagian tubuh.

Tapi ada area yang mungkin Anda lewatkan, yaitu kelopak mata. Ya, tahukah Anda bahwa kelopak mata juga bisa terkena kanker?

Namun itu bukan kejadian umum, dan hanya mencakup 10 persen dari semua kanker kulit wajah. Meski demikian kanker kulit di kelopak mata dapat mematikan jika diabaikan.

"Kanker kulit kelopak mata secara langsung berkaitan dengan paparan sinar UV ke kelopak mata," kata Ming Wang, dokter mata dari Memphis, Tennessee.

Selain itu, genetika juga dapat memainkan peran. "Kanker kelopak mata lebih umum pada mereka dengan kulit yang cerah," kata Craig A. Vander Kolk, seorang ahli bedah plastik di Baltimore Mercy Medical Center.

"Risiko kanker kelopak mata meningkat seiring bertambahnya usia dan mereka yang berusia di atas 50 tahun lebih rentan terhadapnya, juga mereka yang kebanyakan bekerja di luar rumah," tambahnya.

Seperti apa bentuk kanker kelopak mata?
Dr. Vander Kolk mengatakan bahwa kanker kelopak mata biasanya adalah titik merah, dengan sedikit lubang di tengahnya. "Mungkin berdarah, tapi tidak terlalu menyakitkan," katanya.

Dr. Wang menambahkan bahwa penting juga untuk memperhatikan tonjolan baru di sepanjang kelopak mata Anda.

"Jika Anda memperhatikan hilangnya bulu mata Anda - secara medis disebut 'madarosis' - di sepanjang kelopak mata atas atau bawah Anda, ini menunjukkan bahwa kanker lebih invasif dan telah mencapai lapisan yang lebih dalam," kata Dr. Vander Kolk. 

Untungnya, kanker kelopak mata tumbuh dengan lambat. "Semakin cepat kamu menangkapnya, semakin mudah untuk mengurusnya."

Dalam hal ini, cara melindungi diri Anda adalah dengan mengenakan kacamata hitam yang memblokir 99 persen atau lebih sinar UVA/UVB, terutama saat melakukan kegiatan di luar ruangan.

Jika Anda menggunakan mobil, pertimbangkan untuk menutupi kaca depan / kaca samping Anda dengan kristal 3M yang jernih, yang dapat menghalangi hampir semua UV saat mengemudi.

Anda juga bisa menerapkan tabir surya dengan hati-hati di sekitar mata Anda.

Lantas bagaimana jika Anda Apa yang harus dilakukan jika Anda mencurigai Anda menderita kanker kelopak mata

"Hal terbaik yang harus dilakukan jika Anda mencurigai kanker atau menemukan pertumbuhan pada kelopak mata Anda adalah dengan menemui dokter kulit," kata Dr. Guanche.

Tags