Kamis, 09 Agustus 2018 06:30 WITA

Sengatan Matahari Berpotensi Kanker Kulit, Ini Cara Alami untuk Mengatasinya

Editor: Abu Asyraf
Sengatan Matahari Berpotensi Kanker Kulit, Ini Cara Alami untuk Mengatasinya
Jus kentang mentah.

RAKYATKU.COM - Jangan sepelekan sengatan matahari. Tidak hanya bisa membuat kulit jadi gelap, tetapi juga berpotensi menyebabkan kanker kulit. Juga bisa menyebabkan kerutan dan noda hitam. 

Kulit yang menggelap akibat sengatan matahari merupakan efek jangka pendek dari paparan sinar UV yang bisa membahayakan kulit. Bahkan sengatan matahari langsung dan terjadi secara terus-menerus dapat mengarah pada kanker kulit. 

Sama seperti terbakar api, ada dua tingkat kerusakan jika terbakar sinar matahari. Pada tingkat pertama, sinar akan memengaruhi lapisan epidermis. Sementara pada tingkat kedua, paparan sinar matahari bisa membakar kulit lebih lama. Pada tingkat ini, sinar matahari memengaruhi lapisan kulit lebih dalam lagi dan bahkan bisa menyebabkan kulit melepuh. 

Namun, jangan khawatir. Anda dapat mengurangi efek terbakarnya kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain bisa mengurangi efek terbakar sinar matahari, bahan-bahan alami tersebut juga dapat membuat kulit lebih bersinar. 

Dikutip dari Health Me Up, berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan di rumah untuk mengobati kulit gosong akibat sinar matahari: 

1. Lidah Buaya

Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya pada area yang 'dibakar' sinar matahari. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. 

2. Pepaya

Campurkan pepaya yang sudah dihaluskan ke dalam mangkuk dengan satu sendok makan madu. Sifat madu yang melembapkan dan pepaya yang memutihkan dapat membantu Anda mengatasi masalah kulit yang menghitam akibat paparan sinar matahari secara alami. 

3. Kentang Mentah

Gunakan kentang yang sudah dihaluskan, atau pasta kentang pada wajah Anda dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Kentang bekerja sebagai bahan bleaching alami dan membantu Anda mengurangi kulit yang hitam karena matahari. 

4. Jus Lemon

Sama seperti kentang, lemon jus merupakan agen bleaching alami. Aplikasikan jus lemon pada area yang terkena paparan sinar matahari dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. 

5. Susu dan Kunyit

Tambahkan sejumput kunyit pada semangkuk susu. Aduk rata dan oleskan pada kulit yang bermasalah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan secara teratur setiap hari untuk melawan sengatan matahari secara alami. 

6. Tomat

Oleskan jus tomat pada wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Basuh dengan air dingin dan lakukan setiap hari. 

7. Putih Telur

Gunakan putih telur pada area yang terbakar dan biarkan mengering. Kemudian basuh dengan air dingin. Putih telur merupakan bahan terbaik untuk membersihkan pori-pori dan mengurangi racun yang ada pada kulit Anda. Selain itu, putih telur juga membuat kulit lebih kencang dan cerah. 
 

Tags