Rabu, 08 Agustus 2018 11:46 WITA

Jawaban Perdebatan atas Manfaat Pasta Gigi Fluoride

Editor: Suriawati
Jawaban Perdebatan atas Manfaat Pasta Gigi Fluoride
INT

RAKYATKU.COM - Ada pendapat yang tumpang tindih tentang manfaat dan efek fluoride dalam pasta gigi.

Para ahli kesehatan berpendapat bahwa bahan ini dapat mencegah gigi berlubang. Namun pemuja pasta gigi 'alami' justru berpendapat sebaliknya, dan bahwa pasta gigi bebas fluoride yang menawarkan manfaat itu.

Lantas mana yang benar? "Anda harus memiliki fluoride," kata Damien Walmsley, penasihat ilmiah untuk British Dental Association dan seorang profesor kedokteran gigi di University of Birmingham di Inggris.

Pandangan tentang pentingnya flouride digarisbawahi dalam sebuah artikel di jurnal gigi Gerodontology, yang mengulas literatur ilmiah tentang gigi berlubang.

Kesimpulan utamanya adalah bahwa tanpa fluoride, Anda tidak bisa mencegah gigi berlubang.

Dalam tinjauan tersebut, para peneliti Universitas Washington mencari penelitian berkualitas tinggi sejak tahun 1950 dan hanya menemukan tiga.

Itu dilakukan di AS dan Inggris Raya dan diterbitkan dari 1977 hingga 1981. Penelitian itu melibatkan total 743 anak berusia 10 hingga 13 tahun yang giginya hingga tiga tahun.

Ketika studi dievaluasi secara statistik, tidak ada pengurangan lubang gigi yang signifikan dari hanya menyikat atau flossing tanpa fluoride.

Dokter gigi J. Leslie Winston, direktur perawatan mulut untuk pembuat pasta gigi Crest Procter & Gamble, mengatakan bahwa review itu "berfungsi sebagai pengingat penting."

"Meskipun banyak bukti ilmiah, ada semakin banyak konsumen yang percaya bahwa semua pasta gigi sama dan bahwa selama Anda membersihkan gigi secara efektif dengan sikat gigi atau perangkat lain yang membersihkan di antara gigi, Anda dapat mencegah pembusukan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Tinjauan ini juga mengutip analisis studi pada tahun 2009 yang melibatkan 60.000 orang, yang menemukan bahwa fluoride bisa mencegah gigi berlubang.