Rabu, 08 Agustus 2018 09:21 WITA

Alasan Kenapa Anda Tidak Boleh Menjilat Kontak Lensa

Editor: Suriawati
Alasan Kenapa Anda Tidak Boleh Menjilat Kontak Lensa
INT

RAKYATKU.COM - Beberapa orang memiliki kebiasaan yang tidak begitu higienis, misalnya menjilati lensa kontak untuk membasahinya sebelum memasanganya kembali ke mata.

Orang-orang melakukannya ketika mereka jauh dari rumah, dan merasa tidak memiliki solusi yang lebih baik. Jika Anda termasuk orang yang sering melakukannya, maka Anda harus berpikir untuk menghentikannya.

Karena melakukan cara ini sama saja dengan membiarkan mata Anda mandi kuman dan bisa membahayakan penglihatan Anda.

"Mulut Anda mungkin salah satu lokasi terkotor di tubuh Anda," kata Thomas Steinemann, MD, seorang dokter mata di Cleveland dan juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology. "Itu diisi dengan bakteri."

Kebanyakan orang memakai lensa kontak lunak, yang akan menyerap cairan apa pun yang bersentuhan dengan mereka.

Jadi jika pengguna menjilatinya, lensa kontak itu akan menyerap semua bakteri yang ada dalam air liur. Ketika meletakkan kembali kontak ke mata, kuman itu akan langsung masuk ke kornea dan akan membuat penggunanya terserang infeksi.

Infeksi yang mungkin terjadi adalah corneal ulcer atau keratitis. Ini adalah infeksi pada lapisan terluar mata.

"Jika Anda tidak memperlakukannya secara agresif, Anda bisa menderita kehilangan penglihatan," kata Dr. Steinemann.

Keratitis bisa sangat menyakitkan dan mungkin disebabkan oleh bakteri, jamur, virus, atau mikroba yang disebut Acanthamoeba (organisme sel tunggal) yang memasuki kornea.

Gejala awal keratitis adalah mata terasa gatal, atau peka terhadap cahaya. Tetapi Dr. Steinemann mengatakan bahwa gejala itu akan sangat cepat meningkat dan menjadi sangat menyakitkan.

Kasus yang paling ringan jika Anda menjilat kontak adalah mata merah, alias konjungtivitis. Kondisi bukanlah ancaman serius bagi penglihatan Anda, tapi sangat menyeramkan dan menjijikkan.

Selain menjilat kontak lensa, Anda juga tidak disarankan untuk membasahinya dengan air keran. "Meskipun itu murni untuk diminum, itu tidak steril, dan itu memiliki hal-hal yang berpotensi membahayakan mata Anda," kata Dr. Steinemann. Hal yang sama berlaku untuk air dari danau, kolam, lautan, atau kolam renang.

Kesalahan umum lainnya tentang kontak lensa adalah, sebagian orang berpikir bahwa saline sebenarnya membersihkan kontak Anda.

Padahal, Saline hanya agen pembasahan. Jadi jika kontak Anda jatuh dan kotor, Anda perlu membersihkannya dengan disinfektan, seperti larutan desinfektan multi-tujuan.