Selasa, 07 Agustus 2018 10:54 WITA

Lakukan Ini Dulu Sebelum Minum Kopi atau Teh

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Lakukan Ini Dulu Sebelum Minum Kopi atau Teh
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sekitar 70 persen umat manusia diperkirakan mengawali harinya dengan minum teh atau kopi di pagi hari. Kedua minuman yang nikmat untuk dikonsumsi dalam kondisi hangat ini memang dianggap cocok untuk menghilangkan rasa kantuk, menghangatkan badan dan menambah semangat sebelum menjalani berbagai aktivitas.

Meskipun telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kopi dan teh bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, ada baiknya kita selalu mengonsumsi air putih terlebih dahulu sebelum meminum keduanya. Apa manfaat dari mengonsumsi air sebelum minum teh atau kopi?

Sudah menjadi rahasia umum jika kopi dan teh termasuk dalam minuman yang kaya akan kandungan kafein. Memang, kandungan kafein di dalam kopi cenderung jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan teh sehingga efek menghilangkan kantuknya cenderung jauh lebih terasa.

Yang menjadi masalah adalah, jika kita kita mengonsumsi terlalu banyak kafein, maka hal ini akan memberikan efek buruk bagi kesehatan. Kita bisa saja mengalami jantung berdebar-debar atau rasa cemas setelah mengonsumsi minuman berkafein dalam jumlah yang banyak.

Beruntung, dengan mengonsumsi segelas air putih sebelum minum kopi atau teh, maka kita bisa membuat konsentrasi kafein menjadi lebih encer dan setidaknya bisa meminimalisir efek sampingnya.

Kopi dan teh juga termasuk dalam minuman yang bersifat asam dan mampu memicu kenaikan asam lambung jika diminum saat kondisi perut kita masih kosong. Dengan meminum air putih terlebih dahulu, setidaknya aktivitas asam di dalam lambung kita tidak akan begitu agresif setelah mengonsumsi kopi dan teh.

Melihat adanya fakta ini, pastikan untuk minum air putih sebelum mengonsumsi kopi dan teh, khususnya di pagi hari agar bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.