Selasa, 07 Agustus 2018 01:01 WITA

Keburukan Lain Minuman Bersoda: Picu Gagal Jantung Pria

Editor: Aswad Syam
Keburukan Lain Minuman Bersoda: Picu Gagal Jantung Pria
Ilustrasi

RAKYATKU.COM – Telah banyak penelitian yang menunjukkan, minuman bersoda, meskipun minuman tersebut dilabeli soda diet, akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan manusia, jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Selain minuman bersoda, minuman dengan rasa yang manis juga akan kurang baik untuk dikonsumsi. Selain bisa memicu masalah diabetes atau obesitas, minuman bersoda ini ternyata bisa memicu masalah gagal jantung bagi kaum pria!

Dilansir dari doktersehat, sebuah penelitian yang dilakukan Institute Karolinska di Stockhlom, ibukota negara Swedia mempelajari tentang kaitan antara konsumsi minuman manis dan bersoda dalam jumlah yang tinggi, dengan penyakit-penyakit berbahaya layaknya gagal jantung, obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga kadar gula darah yang tinggi. 

Hasilnya, partisipan penelitian yang semuanya adalah laki-laki dewasa sebanyak 42.000 orang mengalami kasus gagal jantung yang sangat tinggi, yakni 3.600 kasus. Dalam penelitian yang dilakukan selama 12 tahun ini, pria yang mengkonsumsi banyak minuman bersoda lebih dari dua gelas setiap harinya ternyata memiliki risiko terkena gagal jantung 23 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak mengkonsumsi minuman manis atau bersoda.

Meskipun tidak serta merta menunjukkan, minuman bersoda bisa secara langsung memicu masalah gagal jantung, namun adanya rasio yang cukup tinggi tersebut tentu menjadi pesan bahwa minuman bersoda dan minuman-minuman manis lainnya ternyata memang bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan. 

Susanna Larsson, ketua penelitian tersebut bahkan berkata jika selain masalah gagal jantung, masalah obesitas, konsentrasi insulin, hingga masalah pada tekanan darah bisa didapatkan oleh kebiasaan buruk mengkonsumsi minuman bersoda dan minuman manis. Kaum wanita juga tidak luput dari risiko buruk pada kesehatannya mengingat wanita yang rajin mengkonsumsi minuman bersoda juga berisiko tinggi terkena diabetes tipe dua.

Dengan adanya risiko terkena masalah gagal jantung dan diabetes cukup tinggi, maka Larsson pun merekomendasikan masyarakat untuk tidak mengkonsumsi minuman bersoda atau minuman dengan rasa manis agar kesehatan tubuh bisa dijaga dengan maksimal.