Selasa, 07 Agustus 2018 02:02 WITA

Wow, Ternyata Ada Plastik di Dalam Permen Karet

Editor: Aswad Syam
Wow, Ternyata Ada Plastik di Dalam Permen Karet
Ilustrasi

RAKYATKU.COM – Islandia, belakangan ini mengklaim diri sebagai negara yang memproduksi permen karet yang tidak lagi mengandung plastik. Hal ini membuat banyak orang terkejut. Selama ini, permen karet yang kita kunyah ternyata mengandung plastik?

Dilansir dari Metro.co.uk dan dikutip Doktersehat, sebagian besar orang di seluruh dunia ternyata tidak mengetahui fakta ini. Salah satu penyebab utama dari larangan menelan permen karet, ternyata karena adanya kandungan plastik ini. Sebenarnya, saat pertama kali dibuat, permen karet dibuat dari bahan alami layaknya getah pohon, namun produsen permen karet kemudian mencari bahan lain yang lebih mudah didapatkan untuk membuat permen karet. Beberapa bahan baru ini bisa digolongkan sebagai plastik.

Beberapa dari bahan pembuat permen karet ini adalah polyethylene, yang juga sering digunakan sebagai bahan mainan anak-anak. Sementara itu, bahan polyvinyl acetate adalah bahan dari lem. Bahan-bahan ini memang sebaiknya tidak sampai tertelan saat kita mengunyah permen karet.

Memang, ada mitos yang menyebutkan, jika sampai kita menelan permen karet, maka permen karet ini akan terus tersimpan di dalam saluran pencernaan, hingga bertahun-tahun lamanya. Beruntung, menurut pakar kesehatan, permen karet tidak bisa dicerna oleh tubuh dan akan keluar dengan sendirinya saat kita buang air besar.

Lantas, jika bahan-bahan ini bisa keluar dengan sendirinya saat buang air besar, apa tujuan Islandia mengubah bahan permen karet sehingga tidak mengandung plastik? Ternyata tujuannya, agar sisa permen karet yang ada di jalanan atau di tempat umum lebih mudah diurai dan dibersihkan. Sebagaimana kita ketahui, sampah permen karet sangatlah sulit untuk dibersihkan dan bisa sangat merepotkan para petugas kebersihan.

Semoga saja permen karet tanpa plastik ini juga akan diproduksi di Indonesia.