Minggu, 05 Agustus 2018 21:29 WITA

Apel Hijau Bisa Menyembuhkan Diabetes, Benarkah?

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Apel Hijau Bisa Menyembuhkan Diabetes, Benarkah?
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Diabetes memang tidak bisa disembuhkan, namun penyakit ini bisa dikendalikan oleh penderitanya sehingga tidak sampai memicu komplikasi yang mematikan dan berbahaya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan diabetes adalah dengan tidak mengonsumsi makanan dengan sembarangan, termasuk saat mengonsumsi buah-buahan.

Meskipun dikenal menyehatkan, ada banyak buah-buahan yang memiliki kadar indeks glikemik tinggi sehingga jika dikonsumsi bisa membuat penderita diabetes mengalami kenaikan kadar gula darah dalam tubunya. Padahal, jika sampai kadar gula darah penderita diabetes naik, bisa jadi ia akan lebih rentan terkena komplikasi yang berbahaya.

Beruntung, menurut pakar kesehatan dr. Eko Budidharmaja, penderita diabetes masih bisa mengonsumsi buah yang enak dan lezat, yakni buah apel. Tak hanya apel hijau atau apel malang yang seringkali dianggap lebih sehat dari apel merah, semua jenis apel ternyata aman dan bermanfaat bagi penderita diabetes karena kaya akan kandungan serat dan kadar gula alaminya tidak banyak.

Dilansir laman Doktersehat, rutin mengonsumsi apel bisa membantu penderita diabetes mengendalikan kadar kolesterol, kadar gula darah, dan tekanan darahnya. Hal ini berarti, apel memang bisa membantu penderita diabetes mencegah komplikasi dengan lebih baik.

Hanya saja, sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi semua jenis makanan, termasuk buah-buahan.

Cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui seberapa banyak apel yang diperbolehkan untuk dikonsumsi dalam sehari sehingga bisa mendapatkan manfaat terbaik dari buah ini.