Senin, 06 Agustus 2018 08:00 WITA

5 Minuman Ini Ternyata Bisa Memutihkan Kulit dan Bikin Wajah Glowing

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
5 Minuman Ini Ternyata Bisa Memutihkan Kulit dan Bikin Wajah Glowing

RAKYATKU.COM - Ketika berbicara tentang minuman yang bisa membantu untuk memutihkan kulit, pikiran Anda biasanya akan langsung tertuju pada berbagai produk minuman untuk memutihkan kulit. Ya, suplemen pemutih kulit yang dikemas dalam bentuk minuman seperti susu memang tidak terhitung jumlahnya di pasaran.

Tapi sebaiknya Anda jangan langsung tergiur dengan produk-produk tersebut, karena tidak semua produk tersebut terjamin keamanannya. Sebenarnya tanpa Anda sadari, minuman yang Anda jumpai sehari-hari juga bisa membantu memutihkan kulit jika dikonsumsi secara rutin. Dilansir laman Doktersehat, berikut ulasannya:

1. Jus Buah atau Sayur

Selain menggunakan buah-buahan sebagai masker wajah, Anda juga bisa mengolah buah-buahan dan sayur-sayuran menjadi jus untuk dikonsumsi. Kandungan buah yang kaya akan vitamin dan antioksidan sangat baik untuk menutrisi kulit dan bisa membantu Anda untuk memujudkan kulit yang sehat dan glowing.

Hampir semua buah baik untuk kulit. Namun, jika menginginkan kulit putih, sebaiknya Anda memilih buah dengan kandungan vitamin C dan vitamin E yang tinggi. Beberapa rekomendasi jus buah dan sayur yang dipercaya ampuh mencerahkan kulit antara lain adalah pepaya, tomat, alpukat, buah bit, kiwi, stroberi, aneka buah beri, jeruk, lemon, wortel, bayam, dan masih banyak lagi.

Semua jus tersebut harus dikonsumsi tanpa menggunakan gula agar lebih sehat. Jika buah atau sayur kurang memiliki rasa manis, Anda bisa menambahkan madu sebagai perasa. Pilihan jus juga tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda.

Contohnya seperti jus jeruk atau lemon yang tinggi vitamin C. Kandungan vitamin C memang sangat baik untuk kecerahan kulit, tapi kandungan asamnya yang tinggi membuat jeruk dan lemon tidak cocok dikonsumsi oleh pemilik gangguan lambung. Contoh lainnya dalah buah kiwi yang sering kali menimbulkan alergi.

2. Susu Kedelai

Minuman kedua untuk memutihkan kulit dan membuat kulit glowing adalah susu kedelai. Minuman yang satu ini memang dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, ternyata juga untuk kesehatan kulit. Susu kedelai mengandung asam amino, mineral, dan berbagai vitamin yang dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah kulit.

Susu kedelai diklaim mampu membantu melembapkan kulit, mengurangi masalah jerawat dan kulit kusam, meningkatkan produksi kolagen, mencegah penuaan dini, dan tentunya mencerahkan kulit. Jika Anda tidak memiliki alergi terhadap kacang kedelai, minuman yang satu ini bisa menjadi pilihan Anda.

3. Air Mawar

Air mawar sebagai minuman berbeda dengan air mawar yang biasa Anda fungsikan sebagai toner. Khasiat air mawar yang sangat baik untuk kecantikan memicu terciptanya air mawar dalam bentuk minuman. Air mawar untuk diminum bisa Anda temukan di pasaran atau Anda buat sendiri di rumah.

Anda bisa mengekstrak bunga mawar dengan merebusnya atau dibuat dalam bentuk infused water. Jika ingin menambahkan rasa pada air mawar, Anda bisa mencapurkannya dengan madu.

4. Teh Hijau

Minuman untuk membuat kulit putih dan glowing selanjutnya adalah teh hijau. Kandungan antioksidan tinggi, asam folat, magnesium, dan potasium dalam teh hijau mampu untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan sehat. Selain membuat kulit lebih cerah, konsumsi teh hijau secara rutin juga terbukti ampun untuk meredakan jerawat yang meradang.

5. Air Putih

Anda tentunya tidak bisa mengabaikan minuman yang satu ini. Meskipun terdengar sepele, tapi konsumsi air putih yang cukup memiliki pengaruh yang cukup besar untuk kesehatan dan juga kecantikan Anda. Kekurangan air puith bisa membuat kulit tidak terhidrasi dengan baik, akhirnya kulitpun menjadi kering dan sensitif.

Konsumsi air putih yang cukup juga bisa membantu tubuh Anda untuk dapat bekerja lebih maksimal sehingga usaha Anda untuk memutihkan kulit juga menjadi lebih maksimal. Air putih yang dibutuhkan tubuh kita adalah paling tidak 1.5 liter/hari.

Kunci dari kulit putih dan glowing sebenarnya adalah kulit yang sehat. Penggunaan berbagai produk pemutih mungkin bisa membuat Anda mendapatkan kulit putih dalam waktu yang lebih singkat, tapi hal tersebut tidak ada artinya jika Anda harus merasakan berbagai efek samping bagi kesehatan Anda. Meskipun hasilnya tidak instan, tapi konsumsi minuman-minuman di atas secara rutin akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan glowing.