Minggu, 05 Agustus 2018 03:00 WITA

Tips Seks Nikmat Untuk Ibu Menyusui

Editor: Adil Patawai Anar
Tips Seks Nikmat Untuk Ibu Menyusui

RAKYATKU.COM - Bagi ibu yang baru saja melahirkan, menyusui merupakan aktivitas wajib yang dilakukan untuk memberikan nutrisi pada bayi. Seringkali, aktivitas tersebut mengganggu aktivitas penting lainnya, seperti hubungan seksual.

Hal ini dikarenakan ibu yang sedang menyusui akan mengalami perubahan padi bagian tubuhnya, salah satunya adalah payudara. Tak jarang payudara akan mengalami pembengkakan dan terasa sangat menyakitkan sehingga membuat kerap membuat tidak bergairah untuk bercinta.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat berhungungan seksual walaupun dalam kondisi menyusui.

1. Hindari Cumbuan Payudara
Umumnya, titik rangsang wanita terletak pada payudara. Sehingga, banyak pria yang memanfaatkan bagian tubuh tersebut untuk membuat wanita terangsang dengan memainkan atau menghisapnya. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Anda yang sedang menyusui. Sebab, payudara akan terasa sakit jika dimainkan. Oleh sebab itu, cobalah untuk berbicara kepada pasangan Anda agar tidak memainkan payudara selama seks berlangsung.

2. Gunakan Bra Menyusui
Ibu menyusui biasanya akan mengeluarkan ASI dengan mudah, terlebih lagi saat terkena rangsangan ketika sedang melakukan hubungan seksual. Sebaiknya, jangan lepaskan bra menyusui Anda saat sedang melakukan aktivitas ranjang dengan pasangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kebocoran ASI.

3. Gunakan Pelumas
Ibu menyusui rentan terhadap kekeringan vagina. Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda menggunakan pelumas tambahan untuk memberikan efek licin pada vagina agar tidak terasa sakit saat penetrasi berlangsung. Tapi ingat, jangan menggunakan pelumas terlalu banyak karena bisa menyebabkan gangguan pada area vagina.

4. Pompa ASI Terlebih Dahulu
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa produksi ASI saat menyusui akan semakin berlimpah, terlebih lagi ketika sedang melakukan hubungan seksual. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memompa ASI terlebih dahulu agar payudara terasa kosong dan tidak sensitif ketika terkena sentuhan.

Tags