Minggu, 05 Agustus 2018 08:00 WITA

Stres Bekerja, Pria Ini Rela Bayar Rp 6 juta untuk Masuk Penjara

Editor: Adil Patawai Anar
Stres Bekerja, Pria Ini Rela Bayar Rp 6 juta untuk Masuk Penjara
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Pekerjaan dengan tekanan yang berat atau durasi yang terlalu lama bisa menyebabkan stres. Yang menjadi masalah adalah, stres ini bisa membuat seseorang mengalami masalah kesehatan fisik seperti penyakit jantung atau stroke.

Karena alasan inilah banyak orang yang kini mencari cara yang efektif untuk mengatasi stres, termasuk tinggal di dalam ‘penjara’ seperti yang dilakukan oleh pria asal Korea Selatan ini.

Dilansir dari 9gag, pria bernama Kang ini adalah seorang ahli mesin di pabrik perakitan mobil yang berlokasi di kota Seoul. Ia lelah dan stres dengan pekerjaannya sehingga memilih untuk tinggal di dalam sebuah resort penjara bernama Prison Inside Me yang ada di kawasan Hongcheon.

Di tempat ini, Kang tak lagi bisa menggunakan ponsel, memakai seragam ala penjara, dan tinggal di sel nomor 207 agar bisa bermeditasi untuk mengatasi stres yang dialaminya.

Meski terlihat aneh, ‘dipenjara’ justru menjadi pilihan yang diambil Kang dan 15 tamu lainnya selama seminggu penuh untuk mengatasi stres yang mereka alami. Kang bahkan rela membayar uang sebanyak 500 ribu Won atau sekitar lebih dari Rp6 juta untuk merasakan hidup di dalam penjara.

“Aku sudah bekerja dengan berlebihan. Aku butuh sesuatu untuk menyegarkan pikiranku lagi. Disini, aku bisa lepas dari berbagai hal yang kulakukan setiap hari dan membuat pikiranku menjadi lebih ringan,” ungkap Kang.

Sebagaimana penjara pada umumnya, pintu di setiap sel dikunci dari luar. Di dalam sel juga tidak ada peralatan elektronik apapun seperti TV atau ponsel. Penghuninya harus mendapatkan ketenangan mungkin sehingga bisa melakukan meditasi dan kontemplasi demi menenangkan pikirannya.

“Di dalam tidak ada orang, tidak ada telepon yang mencariku, tidak ada asap rokok, tidak ada alkohol. Aku hanya sendirian dan bisa menyembuhkan diriku sendiri di dalam penjara,” lanjutnya.

Bekerja dengan berlebihan, apalagi jika pekerjaan yang dilakukan memiliki tingkat stres yang tinggi sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Ada baiknya kita mempertimbangkan untuk berganti pekerjaan yang tidak begitu stres dan selalu melakukan berbagai cara untuk mengatasi stres agar tidak mengalami masalah kesehatan.