Jumat, 03 Agustus 2018 09:22 WITA

Tips Tingkatkan Produksi ASI Bagi Ibu Menyusui

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tips Tingkatkan Produksi ASI Bagi Ibu Menyusui
Ilustrasi. Int.

RAKYATKU.COM - Untuk memberi ASI eksklusif pada si kecil, produksi ASI sang ibu harus menjadi perhatian. Jangan membiarkannya jika produksi ASI sedikit atau tidak keluar sama sekali.

Ibu merupakan orang pertama yang bertanggung jawab memberikan asupan gizi pada sang buah hati, sehingga jika produksi ASI bermasalah sang ibu harus segera melakukan tindakan.

Berdasarkan penjelasan dr Ariani yang dirangkum dari Klik Dokter, menjelaskan beberapa cara praktis yang bisa Busui terapkan untuk meningkatkan produksi ASI:

1. Cukupi asupan makanan dan minuman setiap hari
Sebelum memberikan gizi penting pada bayi melalui ASI, sang ibu perlu terlebih dahulu memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Hal ini bisa dicapai dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

Selain itu, ibu juga dianjurkan untuk minum air putih lebih banyak. Ini karena air merupakan bahan baku utama untuk memproduksi ASI.

2. Istirahat cukup
Ketika si Kecil sedang tidur, ibu sebaiknya menggunakan waktu tersebut untuk istirahat sejenak. Jangan sampai terlalu lelah, apalagi hingga berakhir pada kondisi cemas atau bahkan stres. Karena kondisi tersebut dapat membuat produksi ASI berkurang drastis.

3. Terapkan metode relaktasi
Meski awalnya keluar sangat sedikit, teruslah berupaya untuk memberikan ASI pada bayi lewat payudara Anda. Hal ini bertujuan “memancing” kelenjar yang bertugas untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi.

Terkait hal itu, dr Ariani menganjurkan Anda untuk menerapkan metode relaktasi. Ini adalah tindakan melekatkan puting payudara pada mulut bayi, agar dirinya tertarik untuk mengisap.

“Relaktasi dapat dilakukan setiap dua jam sekali, pada payudara kanan dan kiri. Tujuannya agar produksi ASI tetap terjaga,” lengkap dr Ariani.

4. Pijat oksitosin
Ini adalah gerakan pijat yang bertujuan untuk merangsang produksi oksitosin atau love hormone (hormon cinta). Selain dapat meningkatkan produksi ASI, teknik ini juga dapat menangkal rasa cemas dan stres.

"Pertama-tama, cari bagian yang menonjol di punggung dekat tengkuk. Dari titik itu, pijat dengan dengan jari ke arah bawah. Kemudian tarik kedua jari ke bagian samping kiri-kanan tulang belakang," terang dr Ariani.

5. Lakukan skin to skin contact dengan bayi
Sebagai ibu, Anda perlu melakukan kontak langsung dari kulit ke kulit dengan sang buah hati. Tindakan ini bisa Anda lakukan, misalnya dengan menyentuh langsung kulit bayi atau menggendongnya.

Skin to skin contact dapat mempererat hubungan ibu dan bayi. Di samping itu, hal ini juga turut memicu kinerja hormon untuk memproduksi ASI di dalam tubuh ibu, dan meningkatkan rasa percaya diri bayi.