Kamis, 02 Agustus 2018 19:26 WITA

6 Manfaat Menakjubkan Jamur Hitam dan Efek Sampingnya

Editor: Suriawati
6 Manfaat Menakjubkan Jamur Hitam dan Efek Sampingnya
INT

RAKYATKU.COM - Jamur kuping hitam secara ilmiah dikenal sebagai Auricularia auricula. Ini telah menjadi bahan pokok obat tradisional Cina selama berabad-abad.

Jamur ini memiliki warna hitam dan coklat tua, memiliki tekstur kenyal ketika segar, dan tekstur yang sangat keras saat kering.

Ada banyak manfaat yang mengesankan dari jamur hitam, termasuk efek positifnya pada sirkulasi darah, kesehatan jantung, dan penyakit kronis.

1. Memperlancar peredaran darah
Jamur hitam dikenal karena kandungan zat besinya yang sangat tinggi dan merupakan pengobatan yang populer untuk anemia. Ini kaya akan zat besi, protein, vitamin, dan polisakarida, sehingga bisa memperlencar sirkulasi darah dalam tubuh.

2. Obat peradangan
Kandungan polisakarida yang tinggi dalam jamur ini memiliki beberapa manfaat medis. Ini mencegah peradangan, terutama di jaringan mukosa, dan menghambat enzim yang bertanggung jawab untuk penyakit Alzheimer.

3. Menjaga kesehatan jantung
Polisakarida yang ditemukan pada jamur jenis ini dapat menurunkan kolesterol darah dan trigliserida. Mereka juga menghambat penggumpalan trombosit, bertindak sebagai antikoagulan, yang mengatur kekentalan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung atau stroke.

4. Penyakit kronis
Vitamin B2 dalam jamur hitam bertindak sebagai antioksidan kuat, melindungi sel dari radikal bebas dan mengurangi risiko kanker. Ini juga memiliki efek menguntungkan pada stres fisik dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

5. Detoksifikasi tubuh
Jamur ini adalah detoxifier, yang bekerja dengan menarik kotoran dari paru-paru dan sistem pencernaan, serta menetralkan efek radiasi dan kemoterapi.

6. Membantu menurunkan berat badan
Pektin dan serat dalam jamur ini diduga membantu mencegah obesitas dan membantu penurunan berat badan dengan mencegah penyerapan lemak.

Efek Samping Jamur Hitam

Meski demikian, jamur kuping hitam harus dikonsumsi dengan hati-hati, terutam jika Anda memiliki kondisi kesehatan berikut:

  • Pembekuan darah:  Pasien yang menggunakan obat untuk gangguan darah tidak boleh mengonsumsi jamur hitam
  • Operasi: Hentikan mengonsumsi jamur hitam setidaknya dua minggu sebelum melakukan operasi.
  • Kehamilan:  Wanita yang sedang hamil atau menyusui tidak boleh menggunakan jamur ini dalam bentuk apa pun, karena dapat memiliki efek negatif pada bayi.