Jumat, 03 Agustus 2018 05:01 WITA

Mata Bisa Jadi "Jendela" Masalah Kesehatan

Editor: Nur Hidayat Said
Mata Bisa Jadi

RAKYATKU.COM - Mata merupakan "jendela" tubuh untuk mendeteksi adanya masalah kesehatan. Ada beberapa penyakit yang bisa dilihat dari kondisi mata.

Gangguan mata seperti mata merah, berair atau gatal tentu dapat mengganggu penglihatan Anda. Namun selain penyakit tersebut, berbagai masalah kesehatan juga bisa dideteksi dokter lewat pemeriksaan mata.

Stroke
Merupakan hilangnya fungsi otak yang terjadi secara mendadak disebabkan oleh adanya hambatan aliran darah, baik karena sumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemorrhagik/perdarahan).

Salah satu tipe stroke yang bisa memberikan gejala atau gangguan pada mata adalah Transient Ischemic Attack (TIA), yaitu stroke ringan yang disebabkan oleh sumbatan aliran darah dan bisa juga menyumbat pembuluh darah di mata.

Keluhan yang biasanya dialami pasien terhadap kondisi ini adalah hilangnya penglihatan secara mendadak pada salah satu mata selama beberapa menit atau beberapa jam.

Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti penyakit jantung koroner atau stroke.

Pada hipertensi yang sudah berlangsung kronis, dapat terjadi penyempitan pembuluh darah arteri di mata. Biasanya pasien tidak mengalami keluhan apapun. Namun pada kasus tertentu, pasien dapat mengalami hilangnya penglihatan secara mendadak akibat adanya peningkatan tekanan darah secara drastis.

Diabetes
Salah satu penyakit yang sering menyebabkan kebutaan adalah diabetes. Saat kadar gula darah yang tinggi, dapat terjadi retinopati diabetika, yaitu kerusakan pembuluh darah di retina mata. Keluhan utama pasien antara lain menurunnya penglihatan dan mata menjadi buram akibat kadar gula darah yang fluktuatif.

Selain itu pasien juga dapat mengalami pembengkakan dan perdarahan di sekitar makula, yaitu bagian dari mata yang berkaitan dengan penglihatan.

Pada stadium awal pasien biasanya tidak mengalami keluhan apapun, namun kemudian akan merasakan penglihatan yang terkadang buram dan terkadang jelas akibat dari perubahan kadar gula darah yang terkadang naik dan bisa tiba-tiba turun.

Gangguan hormonal
Perubahan pada hormonal dapat menyebabkan robekan di permukaan mata yang menyebabkan penglihatan terganggu, mata terasa seperti terbakar, iritasi pada mata, rasa mengganjal pada mata hingga kesulitan bekerja di depan komputer karena sering mengedipkan mata ketika melihat layar komputer. Kondisi tersebut dapat menyebabkan mata merah, peradangan pada permukaan mata dan kekeringan pada mata.

Multipel sklerosis
Merupakan suatu penyakit autoimun yang dapat memengaruhi penglihatan, keseimbangan tubuh, kekuatan, koordinasi dan fungsi tubuh lainnya. Pada multipel sklerosis dapat terjadi kondisi yang disebut dengan neuritis optik, yaitu terjadi peradangan dan pembengkakan saraf optik (saraf di mata).

Gejala yang dialami pasien dengan penyakit ini berupa menurunnya penglihatan, berubahnya sensitivitas terhadap warna, mata terasa nyeri saat bergerak, serta gangguan penglihatan.

Kesehatan mata merupakan hal yang sangat penting. Karena dari mengecek kondisi mata, dokter dapat mengetahui masalah kesehatan tertentu yang diderita. Untuk itu jangan sepelekan jika Anda merasakan keluhan tertentu pada mata. Lakukan pemeriksaan pada mata Anda secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh.

Sumber: KlikDokter.com

Tags