Rabu, 01 Agustus 2018 14:59 WITA

Tambah Gemuk Setelah Operasi? Ternyata ini Penyebabnya

Editor: Suriawati
Tambah Gemuk Setelah Operasi? Ternyata ini Penyebabnya
INT

RAKYATKU.COM - Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan tiba-tiba, tapi salah satu faktor utama adalah operasi.

Penambahan berat badan dalam waktu singkat setelah operasi bahkan lebih umum daripada komplikasi lain yang mungkin timbul pasca-operasi.

Penambahan berat badan ini sering terjadi dalam periode tindak lanjut. Salah satu contoh terbesar dari kenaikan berat badan tersebut adalah pertambahan berat badan setelah kehamilan, di mana ibu melahirkan dengan prosedur caesar.

Dalam kasus seperti itu, sekitar 80% wanita menderita kenaikan berat badan yang signifikan setelah kehamilan. Selain operasi kompleks seperti itu, bahkan operasi kecil seperti tonsilektomi dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Berikut penjelasannya:

1. Retensi cairan
Salah satu penyebab utama kenaikan berat badan adalah retensi cairan di tubuh setelah operasi. Istilah medis untuk retensi tersebut adalah edema. Air dipertahankan di ruang di antara organ-organ Anda. Hal ini menyebabkan kenaikan berat.

Retensi cairan dapat muncul di beberapa lokasi saja, misalnya, beberapa pasien mengalami kaki dan tangan bengkak. Tapi ini juga bisa berdampak secara keseluruhan, sehingga menyebabkan penampilan gemuk.

2. Trauma
Selama operasi, jaringan tubuh mengalami banyak trauma. Ini menyebabkan peradangan, yang juga mengarah ke retensi cairan. Jika operasi itu karena kecelakaan, kemungkinan retensi cairan lebih tinggi.

3. Stres
Stres memicu sejumlah ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, yang bertanggung jawab untuk retensi cairan berlebih. Stres akibat pembedahan menghasilkan kadar hormon anti-diuretik yang tinggi, atau ADH, yang membuat ginjal menyimpan air tubuh. Hal ini juga menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Kurang bergerak
Setelah operasi, pasien kemungkinan besar melakukan sedikit pekerjaan atau aktivitas fisik. Ini kontraproduktif terhadap kesehatan pasien karena menyebabkan peningkatan berat badan.

5. Makanan enak
Setelah semua yang Anda lalui, mungkin Anda ingin memanjakan tenggorokan Anda dengan makanan enak. Pada akhirnya, ini akan membuat Anda menimbun kalori, dan mengalami peningkatan berat badan.

Untuk itu, jika Anda telah menjalani operasi, dan tidak ingin terlihat lebih gemuk, maka Anda harus menghindari makanan berkalori tinggi. Selain itu, latihan ringan juga disarankan.
Yang paling penting, Anda harus minum banyak air.