Rabu, 01 Agustus 2018 08:23 WITA

Mau Remajakan Kembali Vagina? Jangan Coba-coba Cara Ini

Editor: Andi Chaerul Fadli
Mau Remajakan Kembali Vagina? Jangan Coba-coba Cara Ini
ilustrasi

RAKYATKU.COM - The Food and Drug Administration (FDA) pada Senin lalu memperingatkan terhadap penggunaan perangkat berbasis energi untuk peremajaan vagina atau prosedur kosmetik. Lembaga kesehatan Amerika Serikat ini mengatakan, perawatan tersebut dapat menyebabkan luka bakar vagina, jaringan parut, dan nyeri kronis.

Badan itu mengatakan bahwa mereka telah menyetujui perangkat tersebut, yang biasanya menggunakan sinar laser atau frekuensi radio, untuk penggunaan ginekologi tertentu, termasuk penghancuran jaringan serviks atau vagina pra-kanker dan penghilangan kutil kelamin, dikutip dari Washington Post, Rabu (1/8/2018).

Tetapi agen belum membersihkan perangkat untuk gejala yang berkaitan dengan menopause, inkontinensia urin atau fungsi seksual.

FDA mencatat dalam peringatan keamanan yang dikeluarkan hari Senin bahwa "peremajaan" vagina sering digunakan untuk menggambarkan prosedur non-bedah yang dimaksudkan untuk mengobati gejala seperti kelenturan vagina, atrofi atau kekeringan, dan rasa sakit selama hubungan seksual atau buang air kecil.

Selama menopause, tingkat penurunan estrogen, yang dapat menyebabkan gejala seperti rasa sakit selama hubungan seksual.

Dalam sebuah pernyataan Senin, Komisaris FDA Scott Gottlieb mengatakan bahwa semakin banyak produsen yang memasarkan perangkat mereka untuk penggunaan yang tidak disetujui seperti "peremajaan" vagina, di mana jaringan biasanya dihancurkan atau dibentuk kembali.

Dia mengatakan agensi tidak mengetahui sejauh mana risiko karena belum meninjau perangkat untuk prosedur tersebut. Tetapi telah menemukan "banyak kasus" kerusakan dalam laporan kejadian buruk dan literatur yang diterbitkan, katanya.

Agensi baru-baru ini memberi tahu tujuh produsen perangkat yang menyatakan kekhawatiran tentang "pemasaran yang tidak pantas" dan meminta agar mereka merespons dalam 30 hari. Jika kekhawatiran FDA tidak ditangani, itu akan mempertimbangkan tindakan penegakan potensial, kata Gottlieb.

Komisaris menyatakan keprihatinan khusus atas pemasaran prosedur untuk wanita yang perawatan kankernya menyebabkan menopause dini.

"Pemasaran yang menipu dari prosedur berbahaya tanpa manfaat yang terbukti, termasuk untuk wanita yang telah dirawat karena kanker, sangat mengerikan," katanya.

Salah satu perusahaan yang menerima surat dari FDA adalah Cynosure, yang memproduksi perangkat yang disebut MonaLisa Touch.

Di situs webnya, perusahaan mengatakan, "Selama perawatan, probe vagina dimasukkan ke dalam vagina pasien, dan memberikan energi laser yang lembut dan tanpa rasa sakit ke dinding vagina, menstimulasi respons penyembuhan."

Situs web merekomendasikan tiga, lima menit perawatan selama 18 minggu dan mengatakan ada "hampir tidak ada efek samping."

Cynosure disebut panggilan tentang tindakan FDA untuk perusahaan induknya, Hology, Inc, sebuah perusahaan teknologi medis yang berbasis di Marlborough, Massachusetts.

Dalam sebuah pernyataan, Jane Mazur, wakil presiden Hologic dari komunikasi divisi global, mengatakan bahwa "Hologik memiliki rekam jejak yang kuat untuk rooting produk kami dalam sains dan bukti klinis" dan bahwa itu "mengevaluasi surat secara penuh dan akan berkolaborasi dengan agensi untuk memastikan semua komunikasi produk mematuhi persyaratan peraturan. "

Tags