Minggu, 29 Juli 2018 17:20 WITA

Tak Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Lobster untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Tak Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Lobster untuk Kesehatan
Lobster

RAKYATKU.COM - Lobster adalah makhluk laut yang paling terkenal. Karena kelezatannya, ini telah menjadi makanan mewah di banyak bagian dunia.

Terlepas dari rasanya, daging lobster dipenuhi banyak mineral dan vitamin yang penting bagi kesehatan manusia. Dilansir dari Organic Facts, berikut beberapa manfaat kesehatan dari lobster:

1. Menjaga kesehatan jantung
Meskipun lobster memiliki jumlah natrium tinggi, yang dapat berdampak pada kesehatan jantung dengan cara negatif, tapi ini mengandung lemak bermanfaat lainnya yang dapat membantu mencegah peradangan dan atherosclerosis.

Konsentrasi omega-3 dan omega-6 yang ditemukan di lobster benar-benar dapat membantu menyeimbangkan kadar kolestrol Anda.

Tapi jika Anda memiliki masalah jantung, maka lobster mungkin harus dihindari.
 
2. Meningkatkan kesehatan otak
Ada sejumlah mineral dan vitamin unik yang ditemukan dalam jumlah besar di lobster, termasuk vitamin B, B12, yang bisa menjaga sistem saraf Anda berfungsi dengan baik. Selanjutnya, lobster adalah sumber kolin yang sangat baik, nutrisi yang dapat meningkatkan produksi neurotransmitter Anda. Ini dapat meningkatkan fungsi dan efisiensi otak, dan bahkan melindungi Anda dari efek penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan  Parkinson.

3. Meningkatkan energi
Lobster memiliki kandungan protein yang tinggi, yang berperan penting untuk memberi kita tambahan energi.

4. Baik untuk pertumbuhan
Sebagaimana disebutkan di atas, lobster adalah sumber protein. Manfaat lain dari protein adalah membangun sel-sel baru, memperbaiki jaringan yang rusak, memperkuat tulang dan secara umum memastikan bahwa sistem organ kita bekerja secara efektif.

5. Mengurangi peradangan
Protein dan kandungan lemak 'baik' yang ditemukan dalam lobster benar-benar dapat mengakibatkan penurunan peradangan di dalam tubuh. Asam lemak Omega-3 penting dalam menjaga keseimbangan kolesterol kita dan mereka juga meningkatkan produksi prostaglandin, senyawa mirip lipid yang dapat melindungi tubuh.

Namun, meskipun manfaat kesehatan yang diuraikan di atas mengesankan, penting untuk diingat bahwa lobster masih memiliki kadar natrium dan kolesterol yang cukup tinggi.

Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi, masalah kardiovaskular, atau kondisi kesehatan lainnya, lobster mungkin hidangan yang ideal bagi Anda.