Minggu, 29 Juli 2018 12:20 WITA

Magnesium dan Manfaatnya Yang Luar Biasa

Editor: Suriawati
Magnesium dan Manfaatnya Yang Luar Biasa
Magnesium

RAKYATKU.COM - Salah satu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh manusia adalah mangesium. Ini kofaktor untuk lebih dari 300 sistem enzim yang mengatur reaksi biokimia yang beragam dalam tubuh.

Proses penting seperti sintesis DNA dan protein, fungsi otot dan saraf, pengaturan detak jantung, fungsi ginjal, kendali glukosa darah, dan produksi ATP (sumber energi) memerlukan kadar magnesium yang optimal.

Intinya, agar tubuh Anda berfungsi semestinya, Anda membutuhkan magnesium. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat penting magnesium bagi tubuh:

1. Menjaga kesehatan tulang dan otot
Kehadiran magnesium dalam darah sangat penting untuk penyerapan kalsium ke tulang Anda. Magnesium adalah kofaktor vital untuk enzim yang menyebabkan kontraksi otot. Ini juga bertanggung jawab untuk transmisi neuromuskular.

Kekurangan magnesium (hypomagnesemia) dapat diidentifikasi pertama kali ketika seseorang sering mengeluh kram kaki, kram otot, nyeri leher, punggung, dan persendian, serta pembengkakan.

2. Dapat mengobati migrain
Penelitian menunjukkan bahwa hingga 50% pasien migrain memiliki kadar magnesium yang rendah.

Meningkatkan kadar magnesium dalam darah tidak hanya mengurangi serangan migrain, tapi juga sakit kepala klaster, kecemasan, kehilangan memori, dan masalah kognisi.

3. Mengatasi masalah kulit
Karena merupakan salah satu mineral yang sangat cepat diserap melalui kulit, magnesium adalah solusi perawatan kulit yang ideal. Baik itu alergi, jerawat, kulit berminyak, atau kerutan, magnesium bisa menyembuhkan mereka semua.

4. Baik untuk kesehatan kardiovaskular
Diet magnesium melindungi jantung Anda dan mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit arteri koroner.

Ini meningkatkan metabolisme miokard, mencegah akumulasi kalsium dan kematian sel miokard, mengurangi aritmia karena stres oksidatif, dan membantu metabolisme lipid untuk menghindari penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah.

Salah satu keluhan paling umum di kalangan pemuda dan orang dewasa dewasa ini adalah hipertensi, dan kekurangan magnesium adalah salah satu alasan di baliknya.

5. Mencegah komplikasi selama kehamilan
Kehamilan adalah fase yang membutuhkan asupan magnesium yang lebih tinggi, bersama dengan beberapa nutrisi lainnya. Karena secara aktif diangkut ke janin, wanita hamil harus mengkonsumsi setidaknya 300 mg magnesium per hari.

Hipomagnesemia selama kehamilan dapat mempengaruhi ginjal, hati, dan juga jantung. Dan itu tidak hanya menjadi berita buruk bagi Anda, tapi juga bayi!

Selain itu, mengkonsumsi cukup magnesium dapat mencegah persalinan prematur, dan meningkatkan pertumbuhan janin.

6. Mengurangi obesitas
Magnesium adalah faktor penting untuk banyak proses biologis yang dimediasi enzim, dan itu memainkan peran penting dalam manajemen berat badan, terutama dalam mengurangi obesitas.

Kehilangan atau kekurangan magnesium berdampak pada metabolisme lemak, yang menyebabkan masalah berat badan.  Juga, mempertahankan kadar magnesium yang optimal dapat mencegah berbagai gangguan yang disebabkan oleh obesitas seperti aterosklerosis, diabetes tipe 2, gagal ginjal, dan hiperlipidemia.

7. Meningkatkan energi
Magnesium, bersama dengan seng, krom, dan mikronutrien lainnya, meningkatkan kinerja latihan dan metabolisme otot, meningkatkan stamina orang yang aktif secara fisik. Mineral ini meningkatkan laju produksi glukosa dari glikogen (sumber energi alternatif) untuk memberikan lebih banyak energi ke otak dan otot selama latihan.

8. Membantu mengatasi PMS
Mengonsumsi makanan atau suplemen kaya magnesium dapat membantu Anda mengatasi perubahan suasana hati, sakit kepala, retensi cairan, dan gejala lainnya. Magnesium juga penting untuk pemanfaatan karbohidrat selama menstruasi

Beberapa makanan yang kaya magnesium termasuk Almond, bayam, kacang mete, susu kedelai, selai kacang, roti, gandum utuh, alpukat, kentang, yogurt, oatmeal, kacang merah, pisang, dada ayam, daging sapi, brokoli, apple, dan wortel.