Sabtu, 28 Juli 2018 18:16 WITA

Penyebab Jerawat di Pipi dan Tips Mengatasinya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Penyebab Jerawat di Pipi dan Tips Mengatasinya

RAKYATKU.COM - Masalah jerawat memang sungguh meresahkan, apalagi munculnya jerawat di pipi. Jerawat di pipi sulit untuk ditutupi karena kita juga dianjurkan untuk tidak menggunakan make up yang terlalu tebal ketika jerawat sedang muncul.

Masalah lain dari jerawat di pipi adalah kondisi jerawat yang meradang sering kali menyebabkan wajah menjadi merah. Hal ini tentunya sangat membuat kita tidak nyaman dengan penampilan wajah kita. Supaya rasa percaya diri Anda dapat kembali, kenali penyebab jerawat di pipi beserta cara mengatasinya berikut ini!

1. Indikasi penyakit dalam

Faktor penyebab jerawat yang pertama berasal dari internal tubuh. Jerawat di wajah bisa mengindikasikan adanya gangguan dalam tubuh kita. Berdasarkan konsop face mapping acne, jerawat di pipi adalah indikasi adanya gangguan pada paru-paru. Jika Anda merasakan gejala aneh pada pernapasan dan juga ditambah dengan munculnya jerawat di pipi, segeralah periksakan diri Anda ke dokter.

2. Konsumsi makanan yang salah

Penyebab jerawat yang satu ini memang tidak terjadi pada semua orang. Tapi hal ini terbukti sering terjadi pada beberapa orang terutama yang memiliki kulit sensitif dan acne prone. Beberapa makanan yang sering memicu timbulnya jerawat pada sebagian orang antara lain adalah junk food, makanan berminyak, makanan dengan kadar gula tinggi, dan masih banyak lagi.

3. Pengguanaan smartphone

Smartfphone yang jarang dibersihkan bisa menjadi sarang bakteri dan kuman. Selain sering bersentuhan dengan tangan, smartphone juga akan sering bersentuhan dengan pipi ketika kita menelepon. Kondisi smartphone yang kurang bersih ini bisa memicu perpindahan bakteri dan kuman dari layar smartphone ke pipi yang kemudian memicu timbulnya jerawat.

4. Membersihkan wajah kurang maksimal

Membersihkan wajah dengan kurang maksimal juga bisa memicu timbulnya jerawat di pipi. Terkadang kita sudah merasa membersihkan wajah dengan baik dari debu dan polusi, tapi bagaimana dengan sisa make up? Sisa make up biasanya lebih sulit untuk dibersihkan dan berpotensi tertinggal di kulit wajah.

Area pipi adalah area yang cukup banyak tertimpa make up mulai dari concealer, foundation, bedak, blush on, contour, hingga highlighter. Make up yang berlapis-lapis ini tentunya membutuhkan usaha ekstra untuk dapat benar-benar bersih.

5. Kurang menjaga kebersihan lingkungan

Selain masalah kebersihan wajah, masalah kebersihan lingkungan juga bisa memicu timbulnya jerawat di pipi. Contohnya seperti Anda yang memiliki kebiasaan tidur miring, apakah Anda sudah memastikan kebersihan dari bantal yang Anda gunakan?

Contoh lainnya adalah kebiasaan menggunakan masker dengan niat untuk melindungi hidung dan mulut dari polusi, apakah Anda sudah memasktikan masker Anda bersih? Selalu perhatian setiap benda yang bersentuhan dengan wajah Anda karena semua barang berpotensi untuk meninggalkan kuman dan bakteri penyabab jerawat.

6. Kebiasaan menyentuh pipi

Kebiasaan menyentuh pipi mungkin sering kali tidak disadari. Terkadang kita hanya bermaksud untuk memastikan apakah riasan wajah kita masih baik atau hanya ingin memastikan adakah kotoran di wajah kita. Sayangnya kebiasaan ini sering kali tidak dibarengi dengan usaha untuk menjaga tangan tetap bersih.

Cara Menghilangkan Jerawat Pipi

Masalah jerawat di pipi yang meresahkan bisa Anda atasi dengan tips menghilangkan jerawat di pipi berikut ini.

1. Masker wajah

Tips menghilangkan jerawat yang pertama adalah dengan menggunakan masker wajah. Anda bisa mencoba berbagai jenis masker yang beredar di pasaran ataupun membuat masker alami sendiri di rumah dengan bahan alam seperti, air beras, lidah buaya, lemon, pepaya, dan tomat yang terkenal ampuh mengatasi jerawat.

2. Bersihkan wajah dengan maskimal

???????Cara menghilangkan jerawat selanjutnya adalah selalu membersihkan wajah dengan maksimal. Bersihkan wajah dua kali sehari ketika pagi dan malam. Jangan biarkan ada sisa make up, debu, dan juga kotoran di wajah. Lakukan proses exfoliating wajah paling tidak seminggu sekali untuk membersihkan kotoran yang masih tersisa di pori-pori.

3. Menjaga kebersihan

Jaga kebersihan lingkungan Anda untuk mengurangi pertumbuhan bakteri jahat di sekitar Anda. Bersihkan layar smartphone Anda secara rutin, ganti sarung bantal Anda beberapa hari sekali dan pastikan juga tangan Anda selalu bersih ketika menyentuh wajah.

4. Obat jerawat

Jika jerawat sulit untuk disembuhkan dengan menggunakan masker wajah, Anda juga bisa mengobati jerawat dengan obat jerawat. Terdapat berbagai obat jerawat yang bisa Anda dapatkan di apotek mulai dari obat minum hingga obat berbentuk salep. Namun jika jerawat makin membandel sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar dapat ditangani dengan metode lainnya.

Tags