Sabtu, 28 Juli 2018 18:13 WITA

5 Bahan Alami untuk Mengobati Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Editor: Suriawati
5 Bahan Alami untuk Mengobati Gigitan Nyamuk Pada Bayi
INT

RAKYATKU.COM - Bayi sangat rentan dengan gigitan nyamuk. Hal ini bisa menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua karena bisa menyebarkan penyakit seperti malaria, chikungunya dan demam berdarah.

Bukan hanya itu, gigitan nyamuk juga bisa menyebabkan banyak ketidaknyamanan pada bayi, dan bekasnya membutuhkan waktu lama untuk memudar.

Ketika digigit nyamuk, bayi biasanya akan rewel karena kulit mereka gatal. Saat seperti ini Anda harus segera memeriksa tubuhnya untuk menemukan bintik kemerahan. Anda bisa mengobati ini dengan berbagai bahan alami, berikut di antanya:

1. Es batu
Es batu membantu mengkontraksi pembuluh darah, sehingga membantu mencegah penyebaran alergen dari air liur nyamuk. Dengan cara ini, gigitan nyamuk tidak gatal atau terasa sakit.

Cara termudah untuk menggunakan es adalah dengan menaruh es di handuk dan mengusapkannya dengan lembut di tempat gigitan nyamuk.

2. Teh hijau
Teh hijau kaya akan antioksidan dan agen anti-inflamasi. Ini mencegah pembengkakan dan gatal pada gigitan nyamuk.

Caranya, celupkan beberapa kantung teh hijau dalam air hangat. Saat dingin, simpan di lemari es untuk digunakan ketika diperlukan. Saat nyamuk menggigit, letakkan kantung teh hijau di bekas gigitan nyamuk.

3. Madu
Madu mentah dan alami sangat bagus dalam menghilangkan gatal dan bengkak akibat gigitan nyamuk. Selain itu, sifat mikrobisidanya membantu mencegah infeksi lebih lanjut

Caranya, oleskan madu ke area gigitan untuk membantu bayi Anda merasa lebih baik.

4. Lidah buaya
Lidah buaya sangat baik untuk menenangkan rasa gatal dan bengkak. Anda bisa membeli gel lidah buaya alami atau mencoba mengikis gel dari daun lidah buaya, dan mengoleskannya ke bintik merah bekas gigitan nyamuk

5. Lemon
Kandungan asam dari lemon membantu menetralisir alergen dalam gigitan nyamuk. Gosokkan sepotong lemon pada gigitan nyamuk untuk membantu meringankan rasa gatal dan sakitnya. Tapi pastikan tidak ada luka di area tersebut karena air lemon dapat menyebabkan sensasi perih