Sabtu, 21 Juli 2018 15:59 WITA

Dinamai Beras Terlarang, Ini Manfaat Luar Biasa Beras Hitam

Editor: Suriawati
Dinamai Beras Terlarang, Ini Manfaat Luar Biasa Beras Hitam
INT

RAKYATKU.COM - Beras hitam adalah jenis beras yang ditanam di sejumlah negara yang sangat terbatas di dunia dan umumnya disebut sebagai 'Beras Terlarang.' Nama ini berasal dari fakta bahwa itu pernah sangat dibatasi, dan hanya bangsawan yang diizinkan untuk memakannya.

Beras hitam telah menjadi elemen budaya yang penting selama ribuan tahun dan tetap menjadi tanaman yang tumbuh dalam persediaan yang agak terbatas.

Meskipun dulu terbatas hanya untuk bangsawan, di negara-negara Asia tertentu, beras hitam sekarang tersedia di Amerika Serikat, Australia, dan di seluruh Eropa.

Penelitian tentang beras hitam telah menunjukkan bahwa ini memiliki profil nutrisi yang lebih mengesankan daripada jenis beras lainnya.

Komposisi gizi beras hitam mencakup sejumlah serat, protein, zat besi, fosfor, dan seng. Yang paling mengesankan, beras hitam memiliki lebih banyak antioksidan daripada varietas beras lainnya.

Anthocyanin dalam beras ini adalah alasan di balik warna hitamnya, dan antioksidan ini dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Berikut manfaat beras hitam untuk kesehatan:

1. Mengobati penyakit kronis
Anthocyanin adalah antioksidan yang terkenal, yang memiliki kemampuan untuk mengurangi stres oksidatif di seluruh tubuh dan mencegah efek negatif dari radikal bebas. Ini dapat menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan rheumatoid arthritis, serta penuaan dini. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Beras jenis ini mengandung lebih banyak serat daripada varietas lain, serta jumlah lemak baik, yang baik untuk kesehatan jantung. Serat membantu mengikis kelebihan kolesterol dan menurunkan tekanan darah, sementara lemak baiknya bisa mencegah kolesterol dan penyakit jantung koroner.

3. Mengobati diabetes
Tingkat serat makanan yang mengesankan yang ditemukan dalam jenis beras khusus ini juga dapat membantu meregulasi gejala diabetes. Serat mampu mengatur pelepasan dari insulin dan glukosa ke dalam aliran darah.

4. Membantu penurunan berat badan
Meskipun ada 160 kalori dalam 1/2 cangkir nasi ini, itu juga penuh dengan serat, yang sangat mengenyangkan dan dapat mencegah makan berlebihan dan kebiasaan ngemil di antara waktu makan. Selanjutnya, banyak mineral dan senyawa aktif dalam beras ini akan mempercepat metabolisme, membantu membakar kalori dan lemak secara pasif.

5. Detoksifikasi tubuh
Penelitian telah menghubungkan keberadaan anthocyanin dalam beras hitam untuk mengurangi racun di seluruh tubuh. Ini juga dapat membantu memperbaiki fungsi hati dan ginjal dan mengurangi tekanan pada sistem-sistem organ.

6. Meningkatkan pencernaan
Serat diketahui meningkatkan fungsi pencernaan, dan mencegah gejala seperti sembelit, diare, dan kembung. Serat merangsang gerak peristaltik, serta menyeimbangkan lingkungan bakteri di usus. 

7. Meningkatkan energi
Sebagai sumber karbohidrat, beras hitam adalah cara terbaik untuk menyediakan semburan energi cepat.