Sabtu, 21 Juli 2018 15:31 WITA

4 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Sebelum Lari

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
4 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Sebelum Lari

RAKYATKU.COM - Olahraga memang penting untuk membuat tubuh selalu sehat dan bugar. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk berolahraga secara rutin. Jenis olahraga yang bisa Anda pilihpun beragam, misalnya latihan beban atau kardio. Namun, jenis latihan yang paling mudah dilakukan adalah latihan kardio, salah satunya adalah lari.

Walaupun sangat mudah dilakukan, nyatanya berlari bisa menguras energi tubuh yang cukup banyak. Sehingga, sebaiknya Anda memenuhi asupan nutrisi yang cukup dengan mengonsumsi makanan mengandung protein yang tinggi tiga hingga lima jam sebelum berlari.

Hal ini bertujuan untuk mencegah tubuh kekurangan energi saat berlari sehingga tak mudah lelah. Dilansir laman Doktersehat, jenis makanan yang bisa Anda pilih sebelum berlari adalah sebagai berikut:

1. Oatmeal

makanan ini sangat cocok dikonsumsi saat sarapan. Selain itu, oatmeal juga menjadi makanan berkarbohidrat yang bagus dikonsumsi sebelum berlari. Dengan mengonsumsi oatmeal, maka membuat tubuh Anda memiliki energi penuh saat berlari sehingga tidak mudah mengalami kelelahan.

2. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. kandungan karbohidrat dan kaliumnya dapat memberikan energi besar bagi tubuh.

Selain itu, pisang juga mengandung antioksidan dan vitamin B-6 yang mampu meningkatkan stamina dan menjaga kadar gula darah. Oleh karenanya, pisang sangat baik jika dikonsumsi sebelum berlari.

3. Selai Kacang

Selai kacang mengandung protein dan lemak yang mampu membuat Anda merasa kenyang. Sebaiknya, Anda mengonsumsi selai kacang sebelum berlari. Anda bisa mengonsumsinya dengan roti gandum yang juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang berfungsi memberikan energi tubuh saat berlari.

4. Yogurt

???????Makanan yang terbuat dari susu yang telah di fermentasi ini sangat baik jika dikonsumsi saat sebelum berlari. kandungan bakteri baik di dalamnya bagus untuk pencernaan. Selain itu, protein yang terkandung di dalam ypgurt juga bisa membantu mencegah rasa lapar datang ketika sedang berlari.

 

Tags