Sabtu, 21 Juli 2018 13:39 WITA

Tips Meredakan Masalah Kembung dan Gas

Editor: Suriawati
Tips Meredakan Masalah Kembung dan Gas
INT

RAKYATKU.COM - Ketika Anda merasakan akumulasi gas yang berlebihan dalam tubuh Anda, itu adalah indikasi masalah lambung ringan.

Biasanya, gas tidak berbau. Tapi dalam beberapa kasus, gas melewati rektum, dan bakteri yang ada di sana menambahkan sulfur ke dalamnya, sehingga memicu bau tidak sedap.

Masalah gas biasanya tidak disertai dengan rasa sakit. Tapi jika Anda mengalaminya, itu berarti Anda mungkin mengalami masalah gas akut atau kronis. Ini biasanya bisa menyebabkan bisul.

Gas biasanya terbentuk ketika bakteri di usus besar memfermentasi karbohidrat yang belum dicerna di usus kecil. Yang mengherankan, masalah itu justru bisa disebabkan oleh makanan sehat berserat tinggi.

Yah, meskipun serat mengatur kadar kolesterol dan gula darah dan menjaga saluran pencernaan Anda dalam kondisi kerja yang baik, itu juga dapat menyebabkan pembentukan gas.

Cara mengatasinya
Anda dapat mengurangi masalah gas dengan membuat perubahan gaya hidup yang sederhana dan mudah berikut ini;

  1. Konsumsi makanan Anda secara perlahan. Minum dan makan terlalu cepat dapat menyebabkan tertelannya udara, yang pada gilirannya menyebabkan gas.
  2. Latihan. Aktivitas fisik selalu membantu memindahkan gas keluar-masuk melalui saluran pencernaan. Ada beberapa pilihan latihan yang tepat, seperti yoga.
  3. Gunakan kantong panas. Menggunakan kantong panas untuk melepaskan gas sangat membantu. Ini akan mengendurkan otot-otot, meringankan rasa sakit, dan melepaskan gas. Anda juga bisa duduk di bak mandi air panas.
  4. Bernapas dalam-dalam. Pernapasan diafragma yang dalam dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mengendurkan otot-otot perut. Ini juga melepaskan stres, dengan demikian melepaskan gas.
  5. Minum dengan benar. Ketika Anda minum cairan dengan makanan Anda, Anda cenderung untuk mendinginkan asam di dalam perut. Ini memperlambat proses pemecahan makanan. Ingat minum cairan 30 menit sebelum atau sesudah makan untuk menjaga proses pencernaan tetap utuh.
  6. Makan dengan benar. Tubuh kita secara alami menghasilkan asam klorida. HCl memecah protein ketika Anda mulai makan. Jika Anda memulai makan dengan karbohidrat, semua HCl akan habis sebelum Anda mengonsumsi protein.
  7. Berbaringlah. Jika Anda memiliki serangan gas, Anda harus berbaring dengan kepala terangkat. Beristirahatlah dalam posisi ini sampai Anda merasa lebih baik.