Sabtu, 21 Juli 2018 13:18 WITA

Hindari Kelelahan, Siasati Dengan Gaya Hidup Sehat

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Hindari Kelelahan, Siasati Dengan Gaya Hidup Sehat

RAKYATKU.COM - Menjalani aktivitas padat atau kurang istirahat di sela-sela kesibukan, pada akhirnya membuat Anda tumbang. Jika sedang tak beruntung, Anda bisa saja harus masuk rumah sakit.

Sekilas memang menyebalkan, terkapar di kasur selagi banyak pekerjaan yang mesti diselesaikan. Tapi bersyukur saja. Ini merupakan cara tubuh untuk menyentil Anda agar tahu batas dan tidak terkena gangguan kesehatan yang mungkin bisa lebih parah.

Seperti yang dijelaskan Klik Dokter, Kelelahan atau disebut juga fatigue adalah kondisi yang membuat Anda capek atau kehilangan energi. Berbeda dengan mengantuk, saat kelelahan Anda tidak memiliki motivasi, tenaga, dan konsentrasi untuk melakukan apa pun.

Penyebab kelelahan dapat dibagi menjadi tiga kategori umum, yakni faktor gaya hidup (kurang berolahraga, pola makan yang buruk), kondisi kesehatan (anemia, artritis, flu), dan gangguan kesehatan mental (kecemasan, depresi, dan lain-lain).

Jika kelelahan tidak juga berlalu dengan istirahat dan pemenuhan nutrisi, atau Anda mencurigainya sebagai gangguan kesehatan lain, periksakan diri ke dokter. 

Untuk menghindari kelelahan, selain mengatur waktu istirahat, sebaiknya siasati juga dengan gaya hidup sehat.
Perubahan gaya hidup dapat membantu meringankan kelelahan. Apalagi kebanyakan kasus kelelahan dipicu oleh kebiasaan buruk. 

Untuk membantu meningkatkan energi dan kesehatan secara keseluruhan, salah satunya bisa dengan menerapkan pola makan yang sehat.

Dilansir Healthline, berikut enam makanan yang dapat membantu memerangi kelelahan:

1. Makanan yang tidak diolah (unprocessed food)
Unprocessed food didefinisikan sebagai makanan yang tidak mengalami proses pengolahan terlalu banyak. Sayur dan buah adalah contoh sempurna dari unprocessed food. Sedangkan kue, permen, gula, dan soda adalah bentuk dari makanan olahan (processed food) yang biasanya banyak pengawet yang dapat memicu kelelahan.

2. Minuman non-kafein
Meski minuman yang mengandung kafein seperti kopi dapat membuat Anda merasa lebih ‘bangun’, sebenarnya tidak berguna untuk membangun energi. Jika Anda tetap ingin kopi, lebih baik pilih kopi hitam tanpa gula. Hindari soda dan energy drink karena biasanya mengandung tinggi gula dan zat-zat artifisial.

3. Protein rendah lemak
Secara umum, daging merah (sapi, babi, dan domba) memiliki lebih banyak lemak jenuh daripada ayam dan ikan. Pola makan yang tinggi lemak jenuh dapat melemahkan energi, selain menaikkan kadar kolesterol dan memperburuk penyakit jantung.

4. Karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari biji-bijian utuh, buah tinggi serat (apel, beri, dan pisang), dan sayuran tinggi serat (sayuran berdaun hijau, wortel). Hindari konsumsi karbohidrat sederhana seperti soda, cookies kemasan, dan jus.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah salah satu jenis makanan terbaik untuk menangani kelelahan dan membunuh lapar. Pilih kacang-kacangan yang sehat seperti almon, cashew, hazelnut, dan walnut.

Minum air juga penting untuk mengoptimalkan fungsi tubuh, termasuk mencegah kelelahan. Cukupilah kebutuhan cairan Anda sesuai dengan kebutuhan. Konsumsi vitamin dan suplemen dapat dipertimbangkan jika Anda merasa tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan.