Minggu, 22 Juli 2018 03:32 WITA

Tips Memilih Dokter Kandungan Demi Kebaikan Janin

Editor: Aswad Syam
Tips Memilih Dokter Kandungan Demi Kebaikan Janin
Ilustrasi

RAKYATKU.COM – Pencarian dokter kandungan yang pas, sering kali mengalami kendala terutama bagi wanita yang sedang hamil untuk pertama kalinya. Minimnya pengetahuan tentang bagaimana cara memilih dokter kandungan terbaik, membuat para wanita yang baru hamil sering berganti-ganti dokter spesialis kandungan.

Anda tidak seharusnya memilih dokter kandungan secara asal. Anda harus berusaha memilihkan dokter kandungan terbaik, karena janin Anda berhak mendapatkan segala hal yang baik sebelum ia terlahir. Dan hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari dan memilih dokter spesialis kandungan yang terbaik.

Tips memilih dokter kandungan terbaik
Bila tidak mau sampai menyesal di kemudian hari, ikutilah tips-tips dari doktersehat di bawah ini agar bisa mendapatkan dokter kandungan terbaik.

1. Dapatkan referensi dokter kandungan
Memilih ahli kandungan berdasarkan pengalaman seorang teman atau anggota keluarga adalah salah satu cara paling aman untuk menemukan dokter spesialis kandungan yang baik. Melalui pengalaman teman atau keluarga yang sudah pernah mendapat penanganan dari dokter kandungan tersebut, Anda akan mendapatkan jawaban yang jujur ??untuk setiap pertanyaan dan harapan paling realistis tentang apa yang diharapkan dari dokter kandungan Anda.

2. Lihat komitmen kehadiran persalinan
Dokter spesialis kandungan yang baik tidak akan meninggalkan Anda untuk mengurus diri sendiri. Sebaliknya, dokter kandungan yang baik akan memegang komitmen untuk membantu proses persalinan Anda kapanpun waktunya. Janganlah memilih dokter kandungan dengan jam kehadiran yang lebih ketat.

3. Perhatikan kebijakan dokter spesialis kandungan
Cari tahulah segala kebijakan yang sedang atau masih pro-kontra diantara dokter kandungan. Bahaslah hal-hal tersebut dan perhatikan jawaban yang dokter kandungan Anda berikan. Kegiatan tersebut juga bisa dimasukkan ke dalam sesi konsultasi dokter kandungan. Dengan begitu, Anda akan mengetahui ke arah manakah kebijakan dokter kandungan Anda. Lalu pikirkanlah apakah hal tersebut sesuai dengan Anda.

4. Pilihlah gender dokter kandungan sesuai keputusan Anda
Sebagian besar wanita memutuskan untuk memilih dokter kandungan wanita. Hal ini mungkin dikarenakan dokter spesialis kandungan wanita dapat memahami kebutuhan Anda lebih baik daripada dokter kandungan pria. Selain itu, alasan agama juga menjadi salah satu penyebab banyaknya wanita yang memilih dokter kandungan wanita.

5. Cari tahu kredibilitas dokter kandungan Anda
Anda perlu mengetahui segala informasi terkait kredibilitas seorang dokter spesialis kandungan. Cari tahulah dari universitas manakah dokter kandungan tersebut berasal. Lalu telitilah akreditasi dari jurusan dokter spesialis kandungan di universitas tersebut.

Dokter kandungan yang merupakan lulusan universitas negeri top di Indonesia seringkali memiliki kecakapan yang baik dan reputasi positif. Anda juga perlu memastikan apakah dokter kandungan Anda terdaftar di IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Dan pastikan beliau tidak memiliki riwayat klaim malpraktek atau tindakan disipliner.

6. Lihat jam terbang mereka
Pengalaman adalah guru yang terbaik memang benar adanya. Jadi, sangat disarankan untuk memilih dokter kandungan yang telah memiliki pengalaman lama dan tentunya dnegan reputasi yang baik.

7. Perhatikan sikap dokter kandungan
Tidak peduli siapa dokter kandungan Anda. Tata krama dan kepedulian mereka adalah yang terpenting disamping keterampilan dan pengetahuan yang merea miliki. Tanpa sikap yang hangat dan kepedulian tinggi, Anda akan merasa tidak nyaman dan cemas selama persalinan. Cobalah untuk memilih seseorang yang paling sesuai dengan kepribadian Anda.

8. Cek kualitas pelayanan dan fasilitas rumah sakit
Sebagus apa pun dokter spesialis Anda akan menjadi hal yang kurang optimal bila tidak didukung dengan kualitas pelayanan dan fasilitas rumah sakit dimana dokter tersebut bekerja. Teliti juga tentang riwayat rumah sakit tersebut. Apakah rumah sakit itu lebih mengutamakan ‘uang’ atau rasa kemanusiaan.

9. Pilihlah dokter kandungan dengan spesialisasi yang sesuai
Jika Anda seorang ibu hamil dengan kondisi medis tertentu, Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda akan memiliki gangguan menjelang persalinan. Jika seperti ini kasus yang Anda alami maka pilihlah dokter kandungan dengan spesialisasi yang sesuai.

Contohnya, jika Anda memiliki masalah TORCH maka pilihlah dokter kandungan dengan spesialisasi TORCH. Anda bisa melihatnya di gelar dokter tersebut atau menanyakannya pada pihak rumah sakit.

10. Lihat review dari pasien yang pernah ditangani
Referensi dokter kandungan dari keluarga dan teman sebenarnya sudah cukup. Akan tetapi tidak ada salahnya bila dilengkapi dengan review dari orang lain yang juga merupakan pasien dokter kandungan Anda.

Hal ini juga memastikan bahwa pendapat keluarga atau teman Anda merupakan pendapat yang sama dari orang lain. Anda bisa mencari tahu melalui forum-forum online atau menanyakan pada orang lain yang juga sedang mengantri menunggu pemeriksaan dengan dokter Anda.