Minggu, 22 Juli 2018 04:02 WITA

Selamat Pagi! Sebaiknya Hindari 3 Jenis Buah Ini Saat Pagi

Editor: Aswad Syam
Selamat Pagi! Sebaiknya Hindari 3 Jenis Buah Ini Saat Pagi
Ilustrasi

RAKYATKU.COM – Buah apa yang paling sering Anda konsumsi saat pagi hari? Buah sebagai bahan makanan sehat yang banyak mengandung zat gizi ini tentu sangat tepat dikonsumsi di pagi hari.

Ya, merupakan pilihan yang super tepat di awal hari karena buah bisa menggantikan energi, vitamin, mineral serta memenuhi kebutuhan cairan tubuh dari bahan makanan alami.

Dilansir dari doktersehat, buah juga mengandung banyak serat yang sangat baik dikonsumsi pada pagi hari karena bisa melancarakan pencernaan serta mengontrol kadar gula dan lemak darah.

Melihat kandungan yang ada pada buah, memang buah menjadi bahan makanan yang super tepat dipilih sebagai makanan saat pagi hari, ya.

Akan tetapi, memilih buah di pagi hari juga tidak boleh asal, lho. Karena ternyata ada beberapa jenis buah yang sebaiknya Anda batasi porsinya saat pagi hari.

Mengapa beberapa jenis buah sebaiknya tak dikonsumsi di pagi hari?
Beberapa jenis buah yang sebaiknya tidak Anda konsumsi di pagi hari adalah buah yang memiliki kandungan zat tertentu yang bisa berisiko mengganggu pencernaan.

doktersehat-sakit-perut-mualHal ini bisa terjadi, karena kondisi pencernaan pada pagi hari, atau pasca bangun tidur yang masih kosong dan belum bermetabolisme dengan optimal.

Asupan zat yang bisa mengganggu atau mempeberat metabolisme tubuh bisa memberikan reaksi pada tubuh berupa rasa tidak nyaman pada perut, asam lambung yang naik, atau adanya kondisi perut begah dan kembung.

Hal ini akan terjadi apabila Anda memilih buah yang:
Bersifat asam
Buah yang bersifat asam, kurang tepat dipilih sebagai buah yang dimakan saat pagi hari. Hal ini disebabkan buah yang asam berisiko meningkatkan produksi asam lambung.

Asam lambung yang diproduksi dalam jumlah banyak akan membuat pencernaan teriritasi, hingga asam lambung naik ke tenggorokan yang membuat munculnya heartburn atau rasa panas di dada.

Kondisi ini bisa rentan terjadi utamanya jika kondisi tubuh sedang tidak fit atau Anda memiliki kondisi pencernaan yang sensitif.

Mengandung banyak gas
Buah yang mengandung gas bisa sangat mengganggu kondisi pencernaan karena meningkatkan risiko perut merasa kembung dan begah.

Apalagi, kondisi pencernaan yang sedang kosong akan semakin meningkatkan produksi gas, jika hanya buah tersebut yang dikonsumsi pada awal hari.

Lantas, buah jenis apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat pagi hari?
Berikut beberapa jenis buah yang sebaiknya tidak Anda pilih saat pagi hari:

1. Berbagai jenis buah jeruk
Buah jeruk, baik jeruk manis, jeruk nipis atau jenis jeruk lainnya, memang kerap dipilih sebagai buah untuk minuman di pagi hari.

Sayangnya, buah jeruk merupakan jenis buah yang memiliki sifat asam. Hal ini wajar karena dari rasanya, buah jeruk sudah memiliki rasa asam.

Anda sebaiknya memilih jenis buah manis yang tinggi cairan untuk dibuat sebagai minuman di awal hari. Jika terpaksa memilih jeruk, pastikan buah jeruk matang sempurna dan memiliki rasa yang cukup manis, ya.

2. Buah yang asam, misalnya kiwi atau jenis buah beri
Jika dipilih dengan tepat, buah kiwi atau golongan buah beri, misalnya stroberi atau bluberi, bisa jadi pilihan yang sehat untuk awal hari karena merupakan buah yang padat gizi dan antioksidan.

Akan tetapi, sebagian besar buah tersebut yang ada di pasaran umum jika memiliki rasa yang asam. Untuk itu, selalu pilih buah yang sudah matang dan rasanya benar-benar manis, ya.

3. Buah yang banyak mengandung sorbitol
Sorbitol merupakan salah satu jenis zat gizi yang dapat menyebabkan produksi gas berlebih.

Zat ini cukup banyak kandungannya pada buah persik, pir, mangga, dan plum.