Kamis, 19 Juli 2018 13:18 WITA

Pernah Coba Wortel Hitam? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Editor: Suriawati
Pernah Coba Wortel Hitam? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Banyak orang mungkin tidak pernah melihat atau memakan wortel hitam, tapi varietas wortel ini cukup umum di beberapa negara, seperti China dan India.

Selain warna hitam dan oranye yang sering kita temui, ada juga wortel juga merah, ungu, putih, dan kuning. Variasi warna ini disebabkan oleh konsentrasi senyawa yang ditemukan di dalamnya.

Misalnya, warna gelap dari varietas ungu dan hitam menandakan tingginya konsentrasi anthocyanin, sedangkan wortel oranye dan kuning cenderung lebih kaya beta-karoten.

Wortel hitam memiliki rasa yang unik, yaitu perpaduan manis dan juga pedas yang halus . Meskipun wortel ini berwarna hitam di bagian luarnya, warna tengahnya lebih pucat. Ini bisa ditemukan di toko buah impor.

Manfaatnya untuk kesehatan
Seperti dikatakan sebelumnya, wortel hitam mengandung banyak anthocyanin dan memiliki beberapa manfaat kesehatan penting termasuk mampu mengobati penyakit Alzheimer, meningkatkan kesehatan mata, mengurangi peradangan, mengoptimalkan pencernaan, dan mencegah kanker.

Wortel hitam dapat digunakan seperti wortel biasa. Ini bisa dikukus, atau ditambahkan ke semur dan sup, serta kari dan salad.

Tapi wortel hitam juga memiliki efek samping. Setelah mengonsumsi wortel hitam, Anda mungkin akan mengalami reaksi alergi, perut kembung, dan masalah tekanan darah. Namun efek samping ini datang ketika Anda mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan.