Jumat, 13 Juli 2018 11:32 WITA

Cegah Asam Lambung Naik Karena Begadang, Dengan Cara Berikut

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Cegah Asam Lambung Naik Karena Begadang, Dengan Cara Berikut
Ilustrasi Begadang. Int.

RAKYATKU.COM - Asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan adalah gangguan pencernaan yang memengaruhi sfingter esofagus bagian bawah (lower esophageal spinchter), yaitu cincin otot antara esofagus dan lambung. 

Kondisi ini juga dapat ditimbulkan akibat begadang, Dan tentunya akan mengganggu kenyamanan beraktivitas.

Gejala utama dari GERD sendiri adalah heartburn (sensasi perih dan panas di dada), atau gangguan pencernaan asam lambung. Gangguan kesehatan ini sering dialami banyak orang, terutama wanita hamil. Menurut dr Ellen Theodora dari Klik Dokter, gejala ini bisa terjadi secara tiba-tiba.

“Naiknya asam lambung merupakan kondisi yang kerap terjadi secara mendadak. Terlambat makan, kelebihan berat badan, dan kehamilan merupakan beberapa keadaan yang membuat seseorang berisiko tinggi mengalaminya,” ujarnya.

Untuk mencegah asam lambung naik, dr Ellen menyarankan untuk melakukan beberapa hal berikut:

1. Mengunyah permen karet
Selain mencegah bau mulut, mengunyah permen karet juga dapat mencegah naiknya asam lambung. Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa mengunyah permen karet dapat merangsang pelepasan air liur, sehingga asam yang terakumulasi di perut akan tercuci dan bersih lebih cepat. Hasilnya, risiko asam lambung naik ke tenggorokan berkurang.

2. Minum air putih
Kadar pH yang seimbang dapat membantu usus bekerja lebih cepat. Untuk mendapatkan fungsi ini, Anda perlu minum air putih dalam jumlah cukup. Air putih jauh lebih baik dibandingkan susu dalam mencegah potensi naiknya asam lambung. Di samping itu, air putih juga dapat membantu proses hidrasi dan proses pencernaan.

3. Posisi tubuh setelah makan
Dibutuhkan waktu agar apa yang Anda makan tetap berada di dalam lambung, tidak keluar kembali melalui tenggorokan. Oleh karena itu, biasakan untuk berdiri sesudah makan agar tetap dapat mengontrol keberadaan makanan pada lambung sekaligus jumlah produksi asam lambung. Setelah makan, Anda dianjurkan untuk tidak langsung tiduran. Paling tidak tunggu selama 2-3 jam setelah makan, untuk menghindari risiko asam lambung meningkat.

4. Tarik napas dalam-dalam
Saat Anda bernapas, kadar udara yang masuk dapat dikontrol dengan menarik napas dalam-dalam. Pasalnya, banyaknya udara ini dapat menguatkan otot-otot yang berada di bawah tenggorokan, sehingga dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung.

5. Hindari makanan ini
Cokelat, kopi, soda, alkohol, daging, produk olahan susu, makanan berlemak, dan makanan yang asam sebaiknya dihindari. Ini karena jenis makanan tersebut dapat meningkatkan produksi asam di dalam lambung.

6. Ubah pola makan
Makan sesuai jadwal dengan porsi yang lebih kecil sangat efektif dalam mencegah naiknya asam lambung. Ini karena jadwal makanan yang berantakan dan porsi makan yang terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan pada perut. Akibatnya bisa  meningkatkan naiknya asam lambung. Hindari juga makan terlalu cepat dan kebiasaan ngemil sebelum tidur malam.

7. Turunkan berat badan
Seperti yang disebutkan, kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor risiko GERD. Untuk menghindari hal ini, Anda mau tidak mau harus menurunkan berat badan.

8. Hindari rokok
Nikotin dapat membuat sfingter esofagus menjadi relaks. Keadaan relaks dalam kasus ini sangat merugikan karena dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

9. Gaya hidup sehat
Menerapkan gaya hidup sehat adalah cara paling efektif untuk mencegah naiknya asam lambung. Untuk itu, Anda harus mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, berolahraga setidaknya 2 kali seminggu dengan durasi 15-30 menit, dan cukup istirahat. Selain itu, hentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, serta kelola stres dengan baik.