Jumat, 13 Juli 2018 07:00 WITA

Jangan Asal Memilih Sabun Mandi

Editor: Nur Hidayat Said
Jangan Asal Memilih Sabun Mandi
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sabun mandi merupakan salah satu kebutuhan harian yang penting. Benda ini biasa digunakan untuk membantu membersihkan kulit dari kotoran, kuman, dan minyak yang menempel pada tubuh akibat aktivitas fisik.

Namun belakangan, memilih sabun mandi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini dipengaruhi oleh ketersediaan beragam jenis, aroma, dan kandungan sabun mandi yang dijual di pasaran.

Ingin mendapatkan manfaat maksimal dari sabun mandi yang digunakan sehari-hari? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Jenis Kulit
Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Orang dengan kulit kering dan sensitif membutuhkan sabun mandi yang berbeda dengan orang yang memiliki kulit berminyak.

Kulit Sensitif
Kulit sensitif biasanya ditandai dengan kulit yang mudah merah, gatal, dan iritasi, apalagi bila sering terpapar bahan kimia. Atas alasan itu, pemilik kulit sensitif dianjurkan untuk memilih sabun mandi yang bersifat ringan, hipoalergenik, dan mengandung pelembap. Pastikan pula sabun mandi yang dipilih bebas pewangi, pewarna, detergen dan alkohol. Sabun yang mengandung banyak detergen biasanya ditandai dengan banyaknya busa yang dihasilkan.

Kulit Kering
Orang dengan kulit kering biasanya akan merasakan kulit terasa seperti tertarik sehabis mandi. Hal ini disebabkan oleh produksi minyak alami kulit yang sangat rendah. Makanya, orang dengan jenis kulit ini disarankan untuk tidak mandi dengan air panas.

Untuk sabun mandi, pilihlah yang besifat ringan dan mengandung pelembap. Hindari sabun dengan kandungan banyak detergen. Sebagai gantinya, gunakanlah sabun yang mengandung shea butter, coconut butter, alpukat, minyak jojoba, dan lidah buaya.

Kulit Berminyak
Jenis kulit ini kebalikan dari kulit kering, dimana kelenjar minyak terlalu aktif menghasilkan pelembap alami kulit. Bukannya untung, hal itu malah meningkatkan risiko terjadinya jerawat di wajah dan bagian tubuh lainnya.

Jadi, jika Anda adalah pemilik kulit berminyak, jadikanlah produk sabun berlabel oil free dan non-comedogenic sebagai pilihan utama. Anda bisa juga membeli produk yang mengandung asam salisilat, untuk mengurangi risiko jerawat.

Komposisi Sabun
Saat hendak membeli sabun, sebaiknya pilih yang tidak terlalu banyak mengandung busa. Adanya banyak busa pada sabun menunjukkan adanya kandungan detergen di dalamnya, yang dapat mengganggu produksi minyak alami kulit. Jika Anda memakai sabun seperti ini, apalagi bila sabun tersebut mengandung unsur pewangi, bukan tak mungkin kulit akan menjadi kering dan rusak.

Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa
Saat membeli sabun mandi, jangan lupa untuk melihat tanggal kedaluwarsanya. Selain itu, perhatikan pula kemasan sabun. Jika terdapat sobekan atau kemasan terlihat sudah rusak, jangan beli produk tersebut.

Selain menerapkan tips di atas, Anda juga disarankan untuk menggunakan pelembap setiap habis mandi dan mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari. Tindakan tersebut bertujuan agar kulit tetap terjaga kelembapan dan elastisitasnya.

Jika Anda memiliki masalah pada kulit seperti alergi, sebaiknya diskusikan lebih lanjut pada dokter mengenai pemilihan sabun yang tepat.

Sumber: KlikDokter.com

Berita Terkait