Selasa, 10 Juli 2018 19:21 WITA

5 Manfaat Lengkuas yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Editor: Suriawati
5 Manfaat Lengkuas yang Mungkin Tidak Anda Sadari
INT

RAKYATKU.COM - Lengkuas adalah salah satu bumbu menawarkan rasa yang kuat dan pedas. Ini sering ditemukan dalam sup, dan beberapa masakan berkuah lainnya.

Terlepas dari manfaatnya untuk kuliner, lengkuas mengandung banyak nutrisi penting, untuk menunjang kesehatan kita. Ini mengandung vitamin A, vitamin C, dan zat besi, serta serat makanan dan sejumlah karbohidrat yang baik.

Manfaat Lengkuas
Manfaat kesehatan yang paling mengesankan dari lengkuas adalah kemampuannya untuk mencegah kanker, bertindak sebagai agen anti-inflamasi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan produksi sperma dan melindungi otak.

1. Mencegah kanker
Berbagai macam antioksidan yang ada dalam rempah ini dapat memperlambat stres oksidatif dan menurunkan risiko berkembangnya sel-sel kanker.

2. Anti-inflamasi
Kunyit diyakini dapat mengurangi peradangan, termasuk, asam urat, sakit kepala, sindrom iritasi usus, dan masalah umum lainnya. 

3. Memperkuat sistem kekebalan
Dengan jumlah vitamin C yang baik, yang didukung oleh antioksidan unik seperti alpine dan galangin, lengkuas bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Meningkatkan fungsi otak
Manfaat lain dari antioksidan adalah dampaknya terhadap kesehatan otak, dengan mengurangi deposisi plak beta-amyloid  di otak. Dengan demikian bumbu ini dapat memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit neurodegeneratif.

5. Meningkatkan produksi sperma
Studi telah menemukan bahwa rempah-rempah ini secara khusus dapat meningkatkan produksi sperma.