Selasa, 10 Juli 2018 11:15 WITA

Ingat! Jangan Buang Air Besar Lebih dari 15 Menit

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ingat! Jangan Buang Air Besar Lebih dari 15 Menit
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Banyak orang yang hobi berlama-lama saat buang air besar di toilet. Tak hanya karena terbiasa membutuhkan waktu lama untuk buang air, kita juga terkadang terlalu asyik bermain ponsel atau membaca koran saat melakukannya. Yang menjadi masalah adalah, jika kita buang air hingga lebih dari 15 menit, hal ini bisa memicu datangnya wasir atau ambeien.

Tak hanya berlama-lama saat buang air besar, jika kita buang air besar saat perut tidak sedang benar-benar dalam kondisi ingin melakukannya, hal ini juga bisa membahayakan kesehatan.

“Kalau kita buang air besar saat tidak sedang kebelet namun karena diburu waktu dan berpikir jika kita harus buang air besar, hal ini justru akan membuat kita mengejan demi memaksa kotoran keluar. Hal ini sangat tidak baik,” ucap Gregory Thorkelson, MD dari University of Pittsburgh, dilansir laman Doktersehat.

Jika kita terbiasa memaksakan diri untuk mendorong kotoran keluar meski tidak sedang dalam kondisi ingin buang air besar, maka risiko untuk mengalami wasir akan meningkat dengan signifikan. Penyakit ini akan membuat pembuluh darah yang ada di sekitar dubur membengkak dan memicu rasa nyeri. Jika wasir sudah dalam kondisi parah, wasir bahkan bisa memicu perdarahan.

Yang tidak disadari banyak orang adalah, kebiasaan membaca koran atau bermain ponsel ternyata bisa menghilangkan sensasi ingin buang air besar. Gerakan peristaltik yang ada dalam usus untuk mengeluarkan kotoran akan berkurang dan hal ini akan membuat kita buang air besar menjadi lebih lama.

Sebaliknya, jika kita tidak kunjung buang air besar meskipun sudah ingin melakukannya, kita juga akan mengalami gerakan peristaltik terbalik, kondisi dimana kotoran justru kembali lagi ke usus dan membuatnya menjadi lebih keras sehingga lebih sulit untuk dikeluarkan. Hal inilah yang kemudian memicu sembelit.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita baru buang air besar saat sudah mulai merasakan keinginan untuk melakukannya, jangan sekalipun menunda-nundanya, dan jangan bermain ponsel atau membaca koran saat melakukannya agar bisa membuat buang air besar lancar dan tuntas.