Selasa, 10 Juli 2018 00:49 WITA

Mudah Diperoleh, Ini 4 Minuman Alami Terbaik saat Menstruasi

Editor: Aswad Syam
Mudah Diperoleh, Ini 4 Minuman Alami Terbaik saat Menstruasi
Ilustrasi

RAKYATKU.COM – Minuman apa yang biasanya Anda konsumsi saat menstruasi? Jika Anda masih asal menentukan minuman saat menstruasi, maka Anda sebaiknya mulai mempertimbangkan lagi pilihan minuman yang Anda konsumsi saat menstruasi, karena ternyata ada beberapa jenis minuman alami yang bisa memberi manfaat hebat bagi tubuh saat menstruasi, lho.

Ya, ada beberapa jenis bahan makanan alami yang memiliki manfaat berupa mengurangi rasa nyeri menstruasi, memperlancar menstruasi, hingga memberi rasa nyaman pada perut dan tubuh.

Dilansir dari Doktersehat, minuman-minuman ini tidak hanya mudah dibuat, namun bahan bakunya juga cukup mudah diperoleh, sehingga Anda bisa menjadikan 4 jenis minuman di bawah ini sebagai pilihan minuman saat menstruasi.

Agar lebih jelas, yuk sama-sama kita simak apa saja sih minuman yang baik untuk dikonsumsi saat menstruasi!

1. Wedang jahe
Seberapa sering Anda mengonsumsi minuman jahe saat sedang menstruasi? Jika cukup jarang, maka akan lebih baik jika Anda mulai merutinkan konsumsi jahe saat mentruasi, mengapa?

Seperti yang kita tahu, jahe merupakan minuman yang bisa memberikan sensasi hangat dalam tubuh. Jahe bisa memberikan manfaat berupa pengaturan hormon dan enzim berkat tingginya kandungan fitonutriennya.

Saat menstruasi, konsumsi jahe bisa memberikan manfaat berupa lancarnya peredaran darah dalam tubuh, selain itu, jahe dapat memberikan manfaat berupa anti peradangan yang mengurangi risiko nyeri saat menstruasi karena dapat memengaruhi produksi enzim dalam tubuh.

Anda bisa mengonsumsi wedang jahe, atau menambahkan parutan jahe dalam minuman misalnya teh atau jus.

2. Jus pepaya dan apel
Bingung memilih jenis jus apa saat menstruasi? Anda bisa memilih jus apel dan pepaya! Kombinasi jus yang super sehat ini, tidak hanya dapat memberikan manfaat berupa asupan vitamin dan mineral yang tinggi, namun juga mampu meberikan manfaat berupa melancarkan menstruasi.

Hal ini disebabkan adanya kandungan zat dan gizi pada pepaya yang disebut mampu merangsang peluruhan sel saat menstruasi pada dinding rahim. Manfaat ini dudukung dengan kandungan gizi dan vitamin yang cukup padat dalam buah apel.

Anda bisa mengonsumsi jus apel dengan bahan baku 2-3 potong kecil buah pepaya dengan ½-1 potong buah untuk memenuhi kebutuhan 1 porsi buah harian Anda.

Jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda bisa menambahkan parutan jahe dalam jus apel dan pepaya, ya.

3. Minuman rempah
Biasanya minuman rempah apa yang Anda konsumsi? Minuman rempah tidak hanya kaya cita rasa, namun juga mampu memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh saat menstruasi, lho.

Kandungan fitonutrien dan antioksidan yang cukup tinggi, serta sensasi hangat pada tubuh yang mampu diberikan oleh minuman rempah sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kombinasi minuman rempah dengan bahan baku jahe, ketumbar atau daun teh, disebut mampu memberikan efek relaksasi dalam tubuh. Kandungan cairannya juga mampu memberikan khasiat berupa melancarkan siklus menstruasi. Anda bisa memilih minuman rempah berupa teh rempah, bandrek, sekoteng, ronde, atau jenis minuman rempah khas Indonesia lainnya.

4. Air kunyit
Tidak hanya sebagai jamu, air kunyit ternyata super bermanfaat untuk kesehatan tubuh saat menstruasi. Hal ini disebabkan kandungan antiseptik atau antibakteri alami pada kunyit.

Mengonsumsi air kunyit saat menstruasi bisa memberikan manfaat berupa pereda nyeri dan anti peradangan, hal ini tentu ampuh untuk mengusir rasa sakit saat menstruasi, bukan?

Anda bisa merebus kunyit dalam air dan menambahkannya dengan berbagai rempah seperti kunyit, ketumbar dan biji pala.